25 radar bogor

Ival Kolev Bicara Tugas Baru, Persija dan Beban Juara

JAKARTA – RADAR BOGOR, Ivan Kolev telah resmi dipresentasikan sebagai pelatih Persija Jakarta untuk membimbing skuat mengarungi pentas Liga 1 2019.Membesut tim dengan status sang petahana tentu bukan situasi yang mudah, terlebih Kolev otomatis akan mendapat tugas dan beban yang besar; memertahankan titel juara.

Kendati begitu, Kolev ternyata tak merasa tertekan. Ia bahkan mengaku sudah terbiasa dengan situasi penuh beban sepanjang karirnya.

Kolev bahkan merasa tertantang dengan tugas barunya ini, untuk meneruskan kiprah Stefano Cugurra Teco musim lalu yang sukses mengantarkan Persija juara.

“Sepanjang karir sebagai pelatih selalu ada tekanan besar. Nah, itu biasa. Itu pekerjaan saya,” ungkap pelatih asal Bulgaria itu.

Lagipula, diakui Kolev, tim besutannya ini tidaklah asing dalam kariernya, mengingat ia pernah membesut Persija pada 1999 silam kendati hanya setengah kompetisi karena keburu dipinang Timnas Indonesia.

Karena itu, secara iklim dan filosofi, Kolev sudah punya gambaran dasar kendati ia tentu tak mau membandingkan kekuatan timnya saat ini dengan waktu 1999.

“Skuat saat ini tidak bisa dibandingkan dengan tim Persija saat pertama kali saya latih,” imbuhnya.