25 radar bogor

Bikin Resah, Wapada Kabar Hoax Soal Anak Hilang di Citeureup  

Foto hoax anak hilang

CITEUREUP-RADAR BOGOR, Kabar ditemukan anak hilang sering terjadi di Kecamaatan Citeuruep. Informasi tersebut tersebar di media sosial tanpa klarifikasi terlebih dahulu dari Kepolisian.

Terhitung kabar ini sudah tiga kalinya terjadi. Teranyar, postingan salah satu grup di media sosial facebook yang  menyatakan ada anak hilang dititipkan di Polsek Citeureup.

“Mohon dibantu menyebarkan rekan-rekan ada anak perempuan usia 4 tahun hilang,” terang postingan tersebut disertai foto anak berkerudung merah muda dengan baju bermotif bunga biru.

Matanya menangis sambil memegang buah pisang. “Sekarang ada di Polsek Citeureup. Barang kali ada tetangga yang hilang mangga datang ke polsek Citeureup,” katannya.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Citeureup Kompol Darwan Hasan langsung mengklarifikasi kabar tidak benar tersebut. Ia menegaskan kabar tersebut adalah hoax. “Kami sayangkan itu hoaks,” tegasnya kepada Radar Bogor.

Ia mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya sebelum mengklarifikasi langsung kabar tersebut. “Berita anak kehilangan orang tua ini dari kemarin beredar dan tidak ada anak hilang atau dititip di polsek,” terangnya.

Ketua TRC Dinsos Kabupaten Zainul Akhsanudin, menyebut penyebaran informasi hoax ini tak terlepas dari berkembanngbang eksistensi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang sering menyebar informasi tanpa mencari tahu kabarnnya. “LSM banyakan cari sensasi. Harusnnya klarifikasi ke Polsek dulu,” katanya. (don/c)