25 radar bogor

DOB Bogor Timur, Presidium: Ini Bukan Keinginan Segelintir Orang

Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Bogor, saat membahas DOB Bogor Timur, beberapa waktu lalu.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Masyarakat yang tergabung dalam Presidium Bogor Timur (Botim), kini bisa bernafas lega. Pasalnya, perjuangan mereka untuk memisahkan wilayah Bogor Timur dari Kabupaten Bogor, yang mencakup tujuh kecamatan, mendapat restu dari Bupati Bogor, Ade Yasin.

Sebab, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor resmi menyertakan pemekaran wilayah Daerah Otonomi Baru (DOB) Bogor Timur pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2005-2025. Restu Bupati Ade Yasin itu disampaikan dalam sidang paripurna, Jumat (11/1/2019) lalu.

Ketua Presidium Bogor Timur, Alhafiz Rana mengatakan, mereka siap mengawal hingga terbentuknya DOB Bogor Timur. Tak hanya itu, dalam sidang paripurna di DPRD Kabupaten Bogor, Jumat (11/1/2019) lalu, masyarakat ikut mengawal langsung.

“Kami ingin menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat, bahwa DOB Bogor Timur ini keinginan masyarakat, bukan keinginan segelintir orang,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Berbicara potensi, kata dia, ada 700 perusahaan penyumbang pajak terbesar di Bogor Timur. Sementara potensi wisata dan potensi pertanian banyak yang belum tereksplor.

“Peningkatan pemerataan ini akan lebih cepat ketika diurus oleh DOB baru. Berbeda dengan saat ini, APBD kurang terdistribusi. Contoh, hibah DKI tidak bisa dirasakan langsung masyarakat Bogor Timur,” terangnya.(don)