25 radar bogor

CVR Ditemukan, Misteri Jatuhnya Lion Air JT-610 Bakal Terkuak

Ilustrasi

JAKARTA-RADAR BOGOR,Setelah sekian lama, Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat akhirnya ditemukan. Benda yang berisi informasi penting pesawat nahas itu ditemukan di sekitar lokasinya jatuhnya pesawat, Senin (14/1/2019) sekitar pukul 09.10 WIB.

Kabar itu dibenarkan Kepala Dinas Penerangan Komando Armada I TNI AL Letkol Laut (P) Agung Nugroho saat dikonfirmasi, Senin (14/1/2019).

FDR Lion Air JT-610 Berhasil Diunduh, Ini Langkah KNKT Selanjutnya

“Iya (benar), ketemu pukul 09.10 WIB oleh penyelam Kopaska dan Dislambair,” bebernya.

Agung menyebut, black box CVR Lion Air JT 610 itu ditemukan tidak jauh dari lokasi jatuhnya pesawat. Namun, ia tidak bisa menyebut lokasi persis penemuan.

Saat ini, CVR Lion Air JT 610 itu telah diangkut ke kapal sebelum akhirnya dibawa ke laboratorium KNKT.

“Sekarang sudah dipegang, sudah diangkat ke kapal (CVR-nya). Kapal apanya saya belum tahu,” jelasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang itu jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10) pagi. Pesawat itu mengangkut 181 penumpang dan 8 awak. Semua penumpang dan awak diduga tewas dalam kecelakaan itu.

Sementara, melalui data Flight Data Recorder (FDR) Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berhasil mengungkap enam masalah pesawat tersebut.

Masalah itu bahkan sudah terjadi pada empat penerbangan terakhir, sebelum akhirnya terjatuh. Enam gangguan tersebut meliputi, airspeed and atitude flight atau tidak bisa mengatur kecepatan dan ketinggian pesawat.

3 Penumpang Korban Pesawat Lion Air JT 610 Kembali Teridentifikasi, Berikut Datanya

Speed trim fail light, Indicated Airspeed (IAS) dan Altitude (ALT) Disagree atau kegagalan indikator kecepatan dan ketinggian pesawat.

Maintenance light illuminate after landing, auto trotlle arm disconnect, dan feel diff press light illuminate. Kerusakan itu muncul bergantian sejak empat penerbangan Lion Air JT-610 terkahir.

Mulai dari penerbangan Tianjin Binhai Cina-Manado, Denpasar-Manado, Manado-Denpasar dan Denpasar-Jakarta. Dengan ditemukannya CVR ini, maka akan membuka sluruh misteri jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 itu.

Pasalnya, CVR itu merekam seluruh yang terjadi di dalam kokpit pesawat, termasuk komunikasi di dalam kokpit pesawat. (ruh/ps)