25 radar bogor

Besok, Tengku Abdullah Dinobatkan Sebagai Raja Malaysia

Tengku Abdullah akan menjadi Raja Malaysia ke-16 setelah dilantik (kanan) (The Straits Times)
Tengku Abdullah akan menjadi Raja Malaysia ke-16 setelah dilantik (kanan) (The Straits Times)

KUALALUMPUR-RADAR BOGOR, Tengku Abdullah Sultan Ahmad Shah akan dinobatkan menjadi Raja Malaysia pada Selasa (15/1) di Istana Abu Bakar. Tengku Abdullah akan menjadi Raja Malaysia ke-16 setelah dilantik.

Dilansir dari Khmer Times, pengumuman itu dibuat Tengku Muda Pahang yang mengatakan, proposal untuk menunjuk Tengku Abdullah sebagai Raja Malaysia baru dibuat karena ayahnya Sultan Ahmad Shah sakit parah.

Tengku Abdullah siap menggantikan Sultan Muhammad V dari Kelantan. Sultan Muhammad V mengundurkan diri pada 6 Januari lalu. Ia disebut mundur karena para sultan lainnya tak menyukai istrinya yang dari Rusia menjadi Ratu Malaysia.

Dewan Penguasa dijadwalkan mengadakan pertemuan khusus pada 24 Januari untuk memilih Raja Malaysia berikutnya, menyusul pengunduran diri Sultan Muhammad V.

Di bawah sistem monarki konstitusional Malaysia, pemilihan raja diadakan secara rotasi setiap lima tahun. Setelah Sultan Kelantan, barisan berikutnya dalam rotasi sembilan penguasa Melayu adalah Sultan Pahang, Sultan Johor, dan Sultan Perak, berturut-turut.(JP)