25 radar bogor

Tips Menjual Rumah: Segera Terima Tawaran Pertama

Ilustrasi perumahan (Imam Husein / Jawa Pos)

JAKARTA – RADAR BOGOR, Menjual rumah itu tidak mudah. Apalagi rumah yang di lokasi tidak strategis. Jika telah menemukan pembeli, dengan pembayaran tunai meskipun harga sedikit turun, sebaiknya langsung diterima.

Mengutip situs resmi rumah123.com, alasan kenapa harus langsung diterima, karena cukup banyak rumah yang baru laku setelah beberapa bulan dipasarkan, ada juga yang sampai dipasarkan hingga bertahun-tahun.

Biasanya penjual akan memikirkan dan menimbang beberapa tawaran sebelum menentukan pembeli.

Namun, dalam beberapa situasi, tawaran pertama harus langsung diterima. Karena ini bisa jadi, satu-satunya tawaran yang masuk. Ada kemungkinan harus menunggu waktu lebih lama lagi untuk kedatangan pembeli.

Realtor memberikan satu saran yaitu jika mendapatkan tawaran dari pembeli berupa uang tunai atau cash. Kamu harus segera mengiyakan.

Pembeli yang membayar dengan uang tunai ini mungkin menawar properti dengan harga miring alias harganya di bawah permintaan. Jika harganya turun tidak terlalu banyak, kamu patut mempertimbangkannya.

“Pembeli dengan uang tunai adalah pilihan aman lantaran penjual tidak perlu menunggu waktu lama untuk proses kredit pemilikan rumah (KPR) disetujui,” ujar Nancy Wallace-Laabs dari agen properti KBN Homes di negara bagian Texas, Amerika Serikat.

Selain itu, pembeli dengan uang tunai biasanya tidak punya masalah seperti harus menjual aset terlebih dahulu sebelum membeli rumah. Kamu hanya perlu memastikan pembeli memang memiliki uang tunai.

Editor : Teguh Jiwa Brata
Reporter : Romys Binekasri