25 radar bogor

Mantap! PAD Kota Bogor dari Sektor Pariwisata Capai Target

Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor

BOGOR–RADAR BOGOR,Pendapatan asli daerah (PAD) Kota Bogor dari sektor pariwisata menca­pai target, hal ini dibuktikan dengan realisasi pendapatan dari sektor ini yang trennya selalu meningkat setiap tahunnya.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebuda­yaan (Disparbud) Kota Bogor Shahlan Rasyidi, mengenai hasil atau realisasi pajak di sektor pariwisata yang berhasil menembus target dan menjadi penyumbang PAD terbesar bagi Kota Bogor.

“Syukur alhamdulillah target pajak dari sektor pariwisata tahun 2018 kembali tercapai, dan berhasil mengungguli pajak dari beberapa bidang lainnya,” papar Shahlan.

Ia menyebutkan, total pajak yang diperoleh dari sektor pariwisata ini ditunjang oleh setidaknya tiga bidang usaha. Ketiganya adalah restoran, hotel, dan tempat hiburan dengan total keseluruhan pajak yang berhasil didapatkan sebesar Rp241,6 miliar.

“Ketiganya berhasil melam­paui target yang sudah ditetap­kan, dengan penyum­bang ter­be­sar adalah pajak restoran dengan total pendapatan sebesar Rp128,2 miliar yang diikuti pajak hotel dengan total pajaknya berjumlah Rp83,2 miliar dan terakhir pajak hiburan yang ada di angka Rp30,2 miliar,” ungkap Shahlan.

Untuk targetnya sendiri, ia menerangkan, jika pajak restoran ditetapkan sebesar Rp128,1 miliar. Sementara pajak hotel Rp82 miliar dan pajak hiburan Rp29,2 miliar.

Dengan demikian, katanya, total reali­sasi pajak yang telah ditargetkan dan berhasil diperoleh dari ketiga bidang itu untuk tahun 2018 ini sebesar Rp23,2 miliar. Sebab, jika diakumulasikan target awal ketiganya berjumlah Rp 239,3 miliar namun mampu membu­kukan realisasi menjadi Rp241,6 miliar.(*/ipe)