Beranda Politik

Memohon pada Jokowi Bentuk Lembaga Ini

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meminta Jokowi agar segera membentul dana yang khusus melakukan riset pembangunan nasional. (Miftahul Hayat/jawapos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengaku dirinya terus memikirkan cara membangun negeri agar lebih baik. Ia pun mengusulkan pembentukan badan riset nasional kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Badan riset itu, dijelaskan Megawati, nantinya berfungsi untuk melakukan penelitian seputar pembangunan nasional. Kemudian, hasil risetnya harus dijadikan patokan dalam pengambilan kebijakan pembangunan nasional.

“Kepada presiden saya memohon, jelas dibutuhkan satu badan riset nasional yang hasil kerjanya harus menjadi landasan pengambilan keputusan untuk pembangunan,” ujar Megawati dalam pidato HUT ke-46 PDIP di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta, Kamis (10/1).

Presiden kelima RI itu mengatakan, setiap negara maju selalu berpatokan dengan sebuah riset ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh sebab itu Indonesia harus menirunya agar bangsa ini terus berkembang ke arah yang lebih baik.

“Saya tidak bosan mengingatkan, tidak ada satu negara pun dapat menjadi negara maju tanpa mengedepankan riset ilmu pengetahuan dan teknologi serta inovasinya. Ini yang sedang kami perjuangankan dengan Pak Jokowi,” jelasnya.

Lebih lanjut, putri proklamator Soekarno itu, juga berharap Jokowi bisa kembali terpilih sebagai presiden pada Pemilu 2019. Sehingga perjuangan untuk membentuk badan ini bisa dilanjutkan.

“Tentu saja akan menemukan jalannya kalau PDIP menang dan Jokowi terpilih kembali sebagai Presiden RI pada pemilu 17 April, kalian (kader PDIP, Red) siap?” pungkas Megawati.

Editor : Dimas Ryandi
Reporter : Sabik Aji Taufan
Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Baca Juga