Beranda Berita Utama

Karawang dan Rancaekek Bandung Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah Rusak

Puluhan rumah di Kabupaten Karawang rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (11/1/2019).

KARAWANG-RADAR BOGOR, Tak hanya di Rancaekek, Kabupaten Bandung, angin puting beliung juga menerjang dua dusun di Kabupaten Karawang, pada Jumat (11/1) siang. Alhasil sebanyak 31 rumah di Dusun Kopo Timur RT 08/04 dan Dusun Tegaljaya RT 05/05, Kecamatan Cilamaya Kulon mengelami rusak.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Budi Budiman mengatakan, angin puting beling terjadi sekira pukul 11:45 WIB. Kejadian ini diakibatkan tingginnya curah hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang di kawasan tersebut.

“Pukul 11:45 WIB telah terjadi kejadian bencana angin puting beliung di Kabupaten Karawang. Dua dusun yang terdampak adalah Dusun Kopo Timur dan Dusun Tegaljaya,” kata Budi, Jumat (11/1).

Ia merinci di Dusun Kopo Timur RT 08/04 ada 21 unit rumah rusak. Sementara di Dusun Tegaljaya RT 05/05, ada 10 unit rumah yang rusak. Kemudian satu orang mengalami luka ringan atas nama Ma Ilik, 70.

“Total yang terdampak 31 unit rumah rusak dan satu orang mengalami luka-luka,” ucapnya.

Korban luka-luka, telah dievakuasi ke klinik terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Sementara itu, pihaknya berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Karawang untuk penanganan lebih lanjut.

“Kami juga menghibau warga agar selalu waspada apabila hujan dengan intensitas tinggi di sertai angin
kencang,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan angin puting beliung dikabarkan melanda Rancaekek dan Majalaya, Bandung, Jumat (11/1). Kabar itu diinfomasikan oleh warganet melalui media sosial.

Seperti yang disampaikan akun Instagram @infobandungraya. Melalui posting-annya, akun itu menyampaikan adanya pusaran angin puting beliung yang terekam oleh warga.

“Pusaran angin puting beliung terlihat oleh rekaman warga di sekitar Stasiun Haurpugur, Rancaekek, dan Majalaya, Jumat, 11 Januari 2019 menjelang Ashar,” tulis akun @infobandungraya, Jumat (11/1).(jp)

Baca Juga