Beranda Bogor Raya

Dua Rumah di Bitungsari Ciawi Dilahap Api, Uang hingga Surat-surat Penting Ludes Terbakar

Dua rumah petak yang terbakar di Bitungsari Ciawi, Jumat (11/1/2019).

CIAWI-RADAR BOGOR, Dua unit rumah petak milik, Dede (32) dan Muhidin (42) yang berlokasi di Kampung Bitung Kidul RT 04/03, Desa Bitungsari, Kecamatan Ciawi, terbakar,  Jumat (11/1/2019). Api mengamuk dan menghabisi seisi rumah sekiranya pukul 13.30 WIB.

Pemilik rumah, Dede mengatakan, peristiwa tersebut terjadi saat dirinya beserta istri sedang berangkat kerja di salah satu pabrik yang berlokasi di Ciawi. “Saya lagi kerja sama istri. Jadi rumah dalam keadaan kosong,” tuturnya kepada Radar Bogor.

Tidak berselang lama kemudian, kata Dede, dirinya mendapatkan informasi melalui telepon, yang menyatakan bahwa rumah tinggalnya terjadi kebakaran.

“Paling 15 menit saya tinggalkan untuk bekerja. Saya diinfokan tetangga kalau rumah saya terbakar. Saya akhirnya langsung pulang bersama istri, ” ujarnya.

Api yang berkobar menghabiskan seluruh bagian rumah, lanjut dia, beruntung di dalam rumah tidak ada penghuni. “Semuanya terbakar termasuk uang, surat-surat penting dan lain sebagainya,” jelasnya.

Sementara, melalui keterangan saksi mata, Basrowi (48), peristiwa yang membakar rumah petak tersebut terjadi ketika dirinya sedang bertamu tepat disamping tempat kejadian perkara (TKP). “Saya sedang bertamu, tiba-tiba mendengar suara kayu terbakar,” jelasnya.

Lebih lanjut, Basrowi menerangkan, secara insiatif ia mencari sumber suara tersebut. “Akhirnya saya ke rumah tengah, saya dobrak api sudah besar. Hampir 7 meter tingginya, ” ungkapnya.

Dirinya mengatakan, api dengan kapasitas besar merembet ke rumah yang berada di samping sumber api.

“Karena rumah nempel akhirnya merembet ke rumah sampingnya. Tidak ada korban jiwa, dalam peristiwa ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Unit Damkar Ciawi, Nendri mengatakan, kebakaran diduga berasal dari kompor. Untuk memadamkan api dikerahkan unit damkar dari ciawi dua, Ciomas 1 dan Kota Bogor 1. “Penanganan selesai sekitar pukul 14:15 WIB,” kata Nendri. (rp1)

Baca Juga