Beranda Berita Utama

Diterjang Puting Beliung, 150 Rumah di Rancaekek Bandung Rusak

Setidaknya ada 150 rumah warga di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, hancur diterjang puting beliung, Jumat (11/1/2019).

BANDUNG-RADAR BOGOR, Angin Puting beliung tak hanya melanda wilayah Karawang, tetapi juga menerjang Rancaekek, Bandung. Bahkan di Rancaekek sekitar 150 rusak akibat tersapu angin.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, angin puting beliung menerjang rumah milik warga di Perum Rancaekek Permai 2, Kampung Jatisari, Kampung Papanggungan, dan Kampung Babakan Linggar Jati Baru.

“Adapun bencana alam angin puting beliung tersebut menimpa sebanyak kurang lebih 150 rumah warga,” kata Wisnu, Jumat (11/1) malam.

Karawang dan Rancaekek Bandung Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah Rusak

Pihaknya masih terus melakukan pendataan rumah warga yang rusak akibat sapuan angin puting beliung itu. Peristiwa terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Namun dipastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

“Untuk data rumah milik warga sampai saat ini masih dalam pendataan lebih lanjut, dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya angin puting beliung menerjang dua dusun di Kabupaten Karawang, pada Jumat (11/1) siang. Alhasil sebanyak 31 rumah di Dusun Kopo Timur RT 08/04 dan Dusun Tegaljaya RT 05/05, Kecamatan Cilamaya Kulon mengelami rusak.

Ngeri! Angin Puting Beliung Terjang Rancaekek Bandung, Lihat Videonya

Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Budi Budiman mengatakan, angin puting beling terjadi sekira pukul 11.45 WIB. Kejadian ini diakibatkan oleh tingginnya curah hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang di kawasan
tersebut.

“Pukul 11.45 WIB telah terjadi kejadian bencana angin puting beliung di Kabupaten Karawang. Dua dusun yang terdampak adalah Dusun Kopo Timur dan Dusun Tegaljaya,” kata Budi, Jumat (11/1).(jp)

Baca Juga