Beranda Metropolis

Biaya Perawatan Taman di Kota Bogor Capai Rp660 Juta, Sempur Paling Boros

Taman Vertikal di JPO Stasiun Bogor. (Hendi/Radar Bogor)

BOGOR–RADAR BOGOR,Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tengah menghitung angka yang akan dikeluarkan tahun ini untuk dipakai pemeliharaan dan perbaikan taman di Kota Bogor.

Hingga saat ini masih belum tercetus jumlah yang dibutuhkan karena butuh anggaran tak sedikit untuk digelontorkan.

Pemkot Bogor Bangun Lapangan Kresna Jadi Taman Bertemakan Pewayangan

Kepala Bidang Pertamanan pada Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Bogor, Agus Gunawan membeberkan bahwa taman-taman tersebut memiliki angga­ran pemeliharaan dan perawa­tan yang tidak sedikit.

Karenanya, pemkot sangat memprioritaskan anggaran taman-taman tersebut. Namun, untuk perawatan 2019 ini, nilai pasti anggaran pera­watan tersebut belum pasti.

“Anggaran pemeliharaan dan perawatan taman untuk anggaran 2019 memang belum fixed. Kami masih kaji. Ada perubahan-perubahan yang sedang kami canangkan di tahun ini. Belum lagi ada usulan untuk menghias taman-taman di beberapa DAS Ciliwung. Ini juga memerlukan perencanaan lagi,” kata Agus di ruang kerjanya.

Lapangan Sempur dalam perawatan

Ia mencontohkan, perawatan-perawatan itu mislanya untuk pemeliharaan lapangan, rumput, jogging track, dan juga penambahan jalur-jalur hijau untuk menambah estetika dan keindahan taman.

Mengenal Park Ranger, Penjaga Taman-taman di Kota Bogor

Di tahun ini bahkan, Pemkot Bogor berencana untuk menambah Taman Kresna yang terletak di Jalan Kresna Raya, Bantarjati, Kota Bogor. Taman tersebut akan dipercantik dengan segala fasilitas-fasilitas yang ada.

“Tapi saya menjamin, untuk pemeliharaan yang sedang berjalan di Januari ini, Insyaallah tetap berjalan dan tidak ada masalah. Kontraktual kesepakatan masih tetap berjalan,” Agus melanjutkan.

Sebelumnya, Kepala Seksi Pemeliharaan Taman Disperumkim Kota Bogor Erwin Gunawan mengatakan, total biaya perawatan taman-taman besar di Kota Bogor pada 2018 mencapai Rp660 juta. Sempur adalah taman yang paling banyak memakan biaya perawatan.(rp2/c)

Baca Juga