25 radar bogor

Penghuni Rutan Kelas IA Solo Saling Serang, Masalah Sepele ini Penyebabnya

Warga menyeksikan kerushan yang melibatkan para penghuni Rutan Kelas 1A Solo, Kamis (10/1/2019).
Warga menyeksikan kerushan yang melibatkan para penghuni Rutan Kelas 1A Solo, Kamis (10/1/2019).

SOLO-RADAR BOGOR, Kerusuhan yang terjadi di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IA Solo mengakibatkan sejumlah fasilitas rutan rusak. Selain itu, 12 narapidana (napi) dipindahkan ke rutan maupun lapas lain di luar Solo.

Kepala Rutan Klas IA Surakarta, Muhammad Ulin Nuha menjelaskan kronologi penyebab kerusuhan yang melibatkan pengunjung dengan napi tersebut.

“Sebetulnya salah paham saja. Jadi waktu jam besuk, pengunjung dengan warga binaan saling melihat. Lalu yang mengunjungi tidak terima, karena tatapan itu, kemudian cekcok,” jelas Ulin ditemui di lokasi kejadian.

Cekcok berlanjut ke aksi penarikan baju salah satu pengunjung terhadap seorang napi. Aksi itu memantik reaksi napi lain. Akhirnya penghuni yang ada di tahanan blok B dan C membela rekannya yang terjatuh tersebut. Dan aksi lempar pun terjadi.

“Petugas kami yang berada di lokasi langsung mengamankan pembesuk, mereka kami evakuasi keluar,” imbuhnya.

Wakapolresta Solo AKBP Andi Rifai menjelaskan, pemindahan tahanan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. “Semua kami pindahkan ke Semarang. Tapi beda lokasinya. Situasi di dalam sudah kembali kondusif,” tandasnya.(adi)