25 radar bogor

Marak Hoax, Putri Gus Dur Ajak Siskamling Digital

JAKARTA-RADAR BOGOR, Anita Hayannufus Wahid yang merupkan Putri Presiden Indonesia ke-4 Abdurahman Wahid alias Gus Dur, menyoroti banyaknya hoaks saat ini. Pasalnya, banyak masyarakat yang percaya dengan berita-berita tersebut.

Karena itu, Anita yang juga selaku Presidium Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) mengajak masyarakat untuk melakukan ‘Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) Digital’. Hal itu dilakukan supaya masyarakat tidak mudah terkena kebohongan.

“Kami mengajak seluruh komponen bangsa ikut siskamling digital. Jadi tolong laporin saja. Polisi punya aplikasi siber polisi, Menkominfo punya tempat menerima aduan. Mafindo juga bisa memverifikasi,” ujar Anita di DPP PSI, Jakarta, Rabu (9/1).

Lebih lanjut, Anita menambahkan, di 2018 saja saat pilkada serentak silam. Setidaknya tercarat oleh Mafindo ada 94 kebohongan di media sosial. “Selama 2018 itu jumlahnya sangat tinggi rata-rata perbulan saja ada 94 hoaks. Sejak Januari memasuki Pilkada serentak,” katanya.

Lebih lanjut, Anita mengaku, selain ada hajatan politik, hoaks meningkat apabila ada bencana alam. Kemudian hoax rata-rata yang berhubungan dengan agama dan suku. Karena itu paling mudah memancing reaksi publik.

“Jadi ini tingkat hoax meningkat kalau ada bencana alam. Sangat meningkat jumlahnya,” katanya.

Oleh sebab itu masyarakat perlu tabayun atau melakukan pengecekan apabila ada berita-berita yang kebenarannya masih dipertanyakan. Bahkan masyarakat mudah mengecek berita hoaks. Karena berita hoaks selalu memiliki judul yang bombastis.

“Ciri-cirinya gampang bombastis‎ atau ada kata-kata viralkan. Jadi untuk melakukan pengecekan berita dna harus mengecek sumber lain,” tuturnya.