25 radar bogor

Klub David da Silva Bukan Tim Kacangan, Ini Faktanya

JAKARTA – RADAR BOGOR, David da Silva telah hijrah ke Korea Selatan. Eks pemain Persebaya Surabaya itu bergabung dengan klub kasta teratas, Pohang Steelers.

Klub yang berdiri pada 1973 itu bukanlah tim kacangan. Pohang Steelers tercatat pernah meraih gelar juara Liga Champions Asia sebanyak tiga kali.

Trofi juara mereka dapatkan di tahun 1997, 1998, dan 2009. Mereka bahkan pernah meraih peringkat tiga di turnamen bergengsi Piala Dunia Antar Klub.

Sekadar catatan, Pohang Steelers merupakan klub milik POSCO, perusahaan baja ternama di Korea Selatan. Dalam sepak terjangnya, mereka beberapa kali meraih penghargaan bergengsi.

Paling diingat tentu tiga gelar juara di Liga Champions Asia yang membawa mereka ke turnamen Piala Dunia Antar klub 2009 lalu. Bagi Pohang Steelers, itu menjadi capaian tertinggi mereka di panggung sepak bola.

Untuk level domestik, Pohang Steelers sudah meraih lima gelar juara K League 1 atau divisi teratas Liga Korea Selatan. Prestasi mereka kian bersinar dengan perolehan lima gelar di ajang Korea National League, empat gelar Piala FA, dua gelar Piala Liga, dan satu titel Piala Presiden.

Pada kompetisi K League 1 musim 2018, Pohang gagal lolos ke Liga Champions Asia karena menempati posisi keempat di papan klasemen akhir. Gelar juara musim 2018 justru diamankan oleh Jeonbuk Hyundai Motors.

Editor : Bagusthira Evan Pratama
Reporter : Muhammad Syafaruddin