25 radar bogor

Biaya Logistik Surabaya-Papua 5 Kali Lebih Mahal Dibanding ke Jepang

JAKARTA – RADAR BOGOR, Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah untuk bisa menekan biaya logistik menjadi lebih murah. Pembangunan infrastruktur yang cukup masif dan beberapa kebijakan fiskal diharapkan dapat mewujudkan keinginan tersebut.

Sayangnya, sampai saat ini upaya tersebut belum membuahkan hasil. Biaya untuk mengirim barang antar daerah masih lebih mahal dibanding ke luar negeri.

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo mengungkapkan data Asosiasi Logistik dan Forwarding 2019 menunjukkan pengiriman barang di sejumlah wilayah memiliki perbedaan yang cukup besar dengan ke luar negeri.

“Sebut saja Makassar ke Surabaya itu kontainer 20 kaki biayanya Rp 20 juta. Coba kalau dibandingkan kirim Surabaya ke Singapura itu hanya Rp 2,8 juta, ke Jepang cuma Rp 4,2 juta,” ujarnya di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Selasa (8/1).

Tidak hanya itu, biaya pengiriman barang dari Surabaya ke wilayah timur Indonesia juga terlampau mahal. Bahkan, biaya pengirimannya bisa mencapai Rp 57 juta.

“Surabaya ke Jayapura dan Merauke ini paling mahal sampai 20 juta lebih. Surabaya ke Jayapura saja bisa Rp 20-57 juta, ke Merauke Rp 23 juta,” katanya.

Oleh karena itu, pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini menekankan pentingnya kerja sama dengan daerah. Hal itu diharapkan bisa membantu menekan biaya logistik.

“Inilah mengapa pentingnya kerja sama antar daerah. Ini harus jadi perhatian bersama,” pungkasnya.

Editor : Saugi Riyandi
Reporter : Hana Adi