Beranda Bogor Raya

Pengerjaan Waduk Cipayung Megamendung Masih Terkendala Pembebasan Lahan

Tampak lokasi pembangunan waduk di Cipayung Kecamatan Megamendung, Bogor. Sofyansyah/Radar Bogor

MEGAMENDUNG-RADAR BOGOR, Pengerjaan waduk Sukamahi dan Cipayung Kabupaten Bogor masih terkendala pembebasan lahan.

Sedangkan, Presiden Indonesia Joko Widodo telah memerintahkan Lembaga Manajemen Aset Nasional (LMAN), maupun TP2T agar segera mempercepat pembebasan lahan, saat inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan beberapa pekan lalu.

Kades Cipayung, Cacuh Budiawan membenarkan. Kata dia, masih ada lahan yang menjalani sidang di pengadilan maupun overlap.

Cacuh menerangkan, dari total 270 bidang lahan di Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung, lahan yang belum dibebaskan hanya sekitar 40 bidang lagi.

“Sisa bidang lahan juga sebelumnya memang awalnya terlambat masuk datanya, sehingga desa juga susah menghubungi,“ katanya.

Lebih lanjut, dirinya menuturkan, bahwa pihaknya juga telah menjembatani masyarakat terkait dengan pembebasan lahan ini.

“Tinggal nanti urusan Badan Pertanahan Nasional (BPN) terkait itu. Kalau untuk rencana pembebasan lahan yang masih tersisa juga belum ada informasi lagi,“ terangnya.

Cacuh menerangkan, koordinasi dengan pihak yang berkaitan dengan pembebasan laham juga telah dilakukan pihaknya. Hanya saja, dimungkinkan masih terfokus dengan pembebasan lahan di wilayah desa lainnya.

“Masih ada beberapa desa juga yang belum dibebaskan lahannya. Bahkan masih ada yang belum sama sekali,“ ucapnya.

Sementara untuk Desa Cipayung, Kata dia, kaitan dengan lahan yang diperuntukan pembangunan waduk sudah hampir selesai. Sekitar 80 persen, lahan sudah dilakukan pembebasan.

“Kami juga masih mengupayakan untuk koordinasi ke pihak BPN, dan menanyakan kelanjutan dari pembebasannya,“ pungkasnya. (rp1/c)

Baca Juga