25 radar bogor

SMK Penerbangan Angkasa Bogor Pertajam Keterampilan Siswa dengan PKL

Sebagian siswa SMK Penerbangan Angkasa mengikuti praktik kerja lapangan di Polud Pondok Cabe.

KEMANG – RADAR BOGOR, Berbagai program dilakukan sekolah untuk meningkatkan kemapuan siswa. Terutama sekolah kejuruan, yang memiliki mata pembelajaran PKL (Praktek Kerja Lapangan) di Polud Pondok Cabe.

Mereka menerapkan mata pelajaran PKL dengan terjun langsung ke bidang, yang sesuai dengan keahlian. Tanpa kecuali dengan SMK Penerbangan Angkasa Bogor

Kepala SMK Penerbangan Angkasa, Letkol Teknik Iqbal Mas Putera mengatakan, PKL merupakan mata pelajaran khusus di Sekolah Menengah Kejuruan. Utamanya di SMK Penerbangan, yang membidangi dunia penerbangan.

“Proses pembelajaran yang dilaksanakan setelah menerima teori dasar di kelas dilanjutkan pembelajaran di lingkungan masyarakat,” terang Letkol Teknik Iqbal Mas Putera. Baik itu di dunia usaha (DU) atau dunia industri (DI).

Fungsi dari PKL ini adalah memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan baik berupa keterampilan dan keahlian dalam bidang teknik pesawat terbang dan fabrikasi.

Tujuan PKL ini untuk memberikan pengalaman kerja langsung (dunia nyata) kepada siswa. Dengan PKL tersebut, sekolah menanamkan iklim kerja positif yang berorientasi pada peduli mutu, proses dan hasil kerja tanpa mengesampingkan keselamatan dalam bekerja.

PKL ini dilaksanakan selama tiga bulan di lingkungan industri penerbangan maupun airliner, yang dibagi menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari 15-20 anak dengan didampingi satu guru pembina PKL. (mer)