25 radar bogor

Duh… Kota Bogor Kekurangan Ruang Kelas, Jumlahnya Sampai Segini!

Beberapa siswa SDN Lebak Pari membersihkan ruang kelas yang kotor.

BOGOR-RADAR BOGOR,Prasarana pendidikan, yakni ruang kelas di Kota Bogor belum memenuhi kebutuhan. Setidaknya Kota Bogor masih kekurangan 900 ruang kelas yang tersebar di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Fahrudin mengemukakan, bahwa Pemkot Bogor tak mungkin membangun sekaligus kebutuhan 900 ruang kelas belajar dalam satu tahun anggaran.

“Pembangunan 900 ruang kelas itu harus secara bertahap karena melihat kemampuan APBD,” katanya kepada wartawan, belum lama ini.

Menurutnya juga, dalam konsep pembangunan ruang kelas harus memanfaatkan gedung sekolah yang ada dengan dibangun vertikal karena pertimbangan keterbatasan lahan.

“Jadi kita tidak beli lahan. Jadi mengubah bangunan 1 lantai menjadi 3 lantai. Pasti proses pembangunan agak lama. Berapa lama selesainya saya tidak tahu, makanya harus fokus agar makin cepat,” jelas Fahmi sapaan akrabnya.

Fahmi menuturkan untuk rehab sekolah ada beberapa bantuan yang dikucurkan langsung secara swakelola dari pemerintah pusat tahun ini. Namun tidak ada dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Gedung sekolah di Kota Bogor terdata berjumlah 200 SD Negeri dan 50 SD swasta. Sementara SMP Negeri berjumlah 20 sekolah dan SMP swasta mencapai 110 sekolah. Dari semua itu totalnya terdapat 3.500 ruang kelas.

“Jadi masih dibutuhkan 900 ruang kelas. Makanya ada beberapa SD di Kota Bogor menerapkan sistem shift sehingga siswa-siswi ada yang masuk pagi dan siang. Sedangkan di SMP hampir sudah tidak ada,” tukasnya.

(adi/ps)