Beranda Ekonomi

Di Tahun Politik, Mendag Pastikan Harga Beras Sudah ‘Diamankan’

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

JAKARTA – RADAR BOGOR, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meyakini masalah beras bisa teratasi pada 2019. Ia pun menyebut faktor pasokan dan permintaan menjadi penentu harga beras di tingkat konsumen.

Namun, setidaknya ada hal-hal yang membuat kader Partai Nasdem ini yakin jika komoditas beras bakal aman di tahun politik ini. Dia pun memastikan, saat ini sudah tidak ada lagi pengusaha dan pedagang yang berani menimbun bahan pokok.

“Kalau suplainya ada, distribusinya oke, penimbunan tidak berjalan, insya Allah itu akan teratasi. Dalam menentukan harga sangat tergantung di suplai dan demand,” ujarnya ditemui di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (7/1).

Pertama dari sisi stok yang ada di Perum Bulog masih memadai. Ditambah adanya pasokan yang didapat dari Kementerian Pertanian pada musim panen mendatang.

“Stok di Bulog masih ada, masih cukup dan diharapkan sesuai dengan ada yang disampaikan kementan bahwa dg persediaan yang ada dan akan mulai panen, maka dari sisi suplai tersedia,” ujarnya.

Dari sisi distribusi, dia juga memuji program atasannya yakni Presiden Joko Widodo yang sudah mengoperasikan tol Trans Jawa beberapa waktu lalu. Ia menyebut akses tol yang ada saat ini mempermudah logistik juga menekan biaya.

“Saya mau meyakinkan bahwa dengan akses tol yg ada, tol darat di jawa, tol laut, itu lebih mempermudah. Itu terbukti di akhir ahun ketersediaan dan pasokan baang di daerah sangat mudah,” pungkasnya.

Editor : Saugi Riyandi
Reporter : Uji Sukma Medianti

Baca Juga