Beranda Ekonomi

Masuk Tahun Politik, Begini Gaya Waskita Tawarkan Ruas Tol ke Investor

Ilustrasi jalan tol ruas Bekasi-Kampung Melayu milik PT Waskita Karya Tbk (DOK.JAWAPOS.COM)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Perusahaan kontraktor plat merah, PT Waskita Karya Tbk (WSKT) akan mendivestasikan sejumlah ruas tol sepanjang tahun 2019, dari total 18 ruas tol yang dibangun. Aksi korporasi ini bagian dari langkah perseroan untuk membayar hutang berbunga.

Direktur Keuangan dan Strategi PT Waskita Karya Haris Gunawan mengatakan, tahun ini perseroan akan mendivestasikan setidaknya lima ruas tol.

“Harapannya sih bisa lebih,” ujarnya seperti diberitakan Minggu (6/1).

Haris mengungkapkan, proses divestasi tersebut saat ini sudah memasuki proses lelang, yang diikuti oleh tiga calon mitra konsultan asing yakni Pricewaterhousecoopers, Ernst & Young, dan Deloitte. Salah satu yang terpilih juga akan melakukan mapping kepada para calon investor asing.

“Aksi penjualan itu nanti akan dilakukan dengan cara berbeda, karena konsepnya ‘jemput bola’,” tuturnya.

Menurutnya, aksi korporasi tersebut merupakan langkah yang diambil perseroan terhadap prediksi situasi di tahun politik lantaran investor akan cenderung mengambil sikap wait and see dalam berinvestasi.

“Tahun ini kami berencana mendatangi investor yang sudah didaftar oleh konsultan, yang nanti akan kami tunjuk. Jadi kita langsung ke investor yang mau membeli. Saat ini sudah ada calon investor dari sejumlah negara yang dinilai berpotensi, seperti misalnya dari Hong Kong, Prancis dan Dubai,” tandasnya.

Baca Juga