25 radar bogor

Atas Persetujuan Pihak Keluarga, Evakuasi Korban Longsor Sukabumi Dihentikan

Petugas gabungan terus berusaha mencari korban longsor di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jumat (4/1/2019).

SUKABUMI-RADAR BOGOR, Proses evakuasi korban longsor di Kampung Garehong, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, menyisakan satu orang korban. Hingga hari terakhir pencarian tim satgas gabungan berhasil mengevakuasi sebanyak 32 korban longsor Sukabumi.

“Sampai hari ke 7 ini kita berhasil mengevakuasi total 32 jenazah. Hari ini satu korban yang berhasil diangkat dan menyisakan satu lagi,” ujar Danrem 061/Surya Kencana, Kolonel Inf, M. Hasan, Minggu (6/1/2019).

Dia menambahkan, dari hasil evaluasi bersama, proses pencarian korban longsor Sukabumi dihentikan kemarin. Hal itu sesuai protap pencarian, yakni 7 hari. “Penghentian proses evakuasi ini sudah mendapatkan restu dan keikhlasan dari keluarga korban,” ucapnya.

Sementara itu, BPBD masih bertugas selama tiga hari ke depan. Mereka masih melakukan pembenahan dan pendistribusian logistik kepada seluruh keluarga korban.

“Dapat disimpulkan hari ini proses terakhir persetujuan aparat desa, keluarga dan lain yang berkompeten. Posko 31 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019 dihentikan. Proses pencarian di Kampung Garehong ini paling sukses dengan persentase mencapai 97 persen,” ungkapnya.

Menurut dia, proses evakuasi hari terakhir tersebut telah memaksimalkan semua potensi. Baik itu peralatan, dan memaksimalkan pencarian di titik-titik yang teridentifikasi.

“Kita beruntung dan sukses hingga mencapai 97 persen hasil. Dari 33 korban, berhasil mengangkat 32 jenazah,” pungkasnya. (jpc/ysp)