Beranda Pendidikan

Kemendikbud Luncurkan Buku Digital Ramah Anak, Genjot Literasi

Ilustrasi

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan karakter, dan Gerakan Literasi Nasional (GLN). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan buku digital bertemakan bacaan ramah anak.

Kasubag Program dan Pelaporan Disdik Kabupaten Bogor, Acep Hasbullah menjelaskan, buku tersebut disalurkan dari Kemendikbud dengan bentuk CD.

“Isinya sendiri mencakup sekitar 140 buku, baik yang bersifat akademik, bacaan ramah anak, hingga edukasi pendidikan karakter bagi pelajar,” jelasnya.

Lanjut Acep, untuk penyalurannya ke sekolah-sekolah, pihaknya telah membuatkan jaringan pengunduhan otomatis yang bisa diakses lembaga serta murid.

“Buku digital bisa diunduh di alamat website badan bahasa Kemdikbud. Dimana program ini dilaksanakan secara gratis dan terbuka bagi siapapun,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud, Dadang Sunendar menjelaskan, program buku bacaan digital ini dilakukan semenjak dua tahun lalu.

“Seluruh buku yang tersedia saat ini, merupakan hasil penjaringan yang dilakukan Kemdikbud semenjak 2016-2018. Di mana semuanya telah diverifikasi baik dari segi materi, penulisan, hingga bahasa yang cocok bagi pelajar,” paparnya.

Sambung Dadang, pihaknya berharap dengan adanya program ini, mampu meningkatkan kualitas dan kompetensi minat baca dari pelajar di Indonesia.

“Programnya akan terus kami perbaharui, dan diharapkan Dinas Pendidikan, sekolah, hingga pelajar mampu memanfaatkan fiture ini sebagais arana penguatan GLS di daerah,” harapnya. (*/pia)

 

Baca Juga