25 radar bogor

Tanggapi Pernyataan Wiranto, Hinca: Apa Adanya Aja, Kita Bongkar!

Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan saat memberikan keterangan pers terkait kasus perusakan baliho partainya di Pekanbaru, Riau. (Issak Ramadhani/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR,Aksi perusakan baliho dan sejumlah atribut kampanye partai Demokrat di Pekanbaru, Riau masih terus dipersoalkan oleh partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Bahkan mereka juga menyoroti pernyataan Menkopolhukam Wiranto yang meminta masalah ini tak dibesar-besarkan.

Pada Selasa (18/12) malam, tepatnya usai menggelar rapat darurat di kediaman SBY, di Kuningan, Jaarta, Sekjen Demokrat Hinca Pandjaitan mengungapkan keberatannya atas pernyataan Wiranto. Dia memastikan perusakan atribut kampanye bukanlah masalah kecil.

“Menkopolhukam meminta kasus Riau tidak dibesar-besarkan. Ini bukan soal dibesar-besarkan memang kasus ini besar dan serius. Jadi jangan dikecil-kecilkan. Apa adanya aja, kita bongkar,” kata Hinca di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Selasa (18/12).

Menurut Hinca, persoalan ini telah masuk ke dalam kasus kejahatan demokrasi. Ia juga memastikan bahwa pihaknya tak bermaksud untuk menganggu demokrasi sebagaimana diungkapkan oleh Wiranto.

“Justru kami minta dibuka supaya tidak mengganggu pemilu dan demokrasi. Ini (Wiranto) terbalik-balik ini,” tuturnya.

Atas dasar itu, Hinca juga menjelaskan, partainya justru berharap negara, pemerintah dan penegak hukum harus jujur dan bersedia mengungkap kasus tersebut secara tuntas. Khususnya untuk mengungkap ihwal siapa master mind dan inisiator dalam kasus ini.

“Dalam waktu dekat, Polda Riau diharapkan menuntaskan proses hukum hingga ke tingkat pelaku yang menyuruh dan yang membantu melakukan dalam waktu 14 hari. Kita ingin hal seperti ini tidak terjadi lagi, kalau tidak pemilu bisa kacau,” pungkasnya.

(aim/JPC)