25 radar bogor

Suka Banyak Genre Musik, Ma’ruf Idolakan Umi Kulsum Hingga Bang Haji

Menjadi penikmat banyak genre musik, Ma’ruf Amin diam-diam juga mengidolakan Bang Haji Rhoma Irama. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR,Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, Ma’ruf Amin berkesempatan berbincang-bincang santai dengan sejumlah milenial. Sejumlah topik mereka bahas, salah satunya musik.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (nonaktif) itu lantas ditanya oleh milenial tentang musik kesukaannya. Ma’ruf mengaku kerap mendengarkan lagu-lagu Arab, India, hingga daerah.

“Ini pertanyaannya susah karena saya suka jenis semua musik. Musik Arab suka, Sunda juga suka. Gending Jawa juga suka, bahkan pop juga suka. Jadi, hampir semua jenis musik saya suka sebenarnya itu,” ujar Ma’ruf di Rumah Situbondo Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/12).

Hanya saja Ma’ruf tidak bisa menyebutkan satu per satu judul lagu yang disukainya. Baginya yang penting alunan nada dari lagu tersebut enak didengar.

Sementara itu, ketika disinggung soal penyanyi favoritnya, Ma’ruf mengatakan sulit mengutarakannya. Sebab, banyak genre yang disukainya, maka penyanyi favoritnya pun banyak.

“Waduh ini susah lagi. Karena jenis musiknya hampir semua saya suka. Jadi, ya penyanyi-penyanyinya suka semua,” imbuhnya.

Namun, ketika kembali ditanya oleh anak-anak milenial yang hadir, mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itupun mengaku memiliki sejumlah penyanyi favorit. Dari Umi Kulsum (Ummi Kultsum) hingga Shah Rukh Khan.

“Kalau Arab itu Umi Kulsum misalnya. Kalau Sunda itu namanya saya agak lupa. Krisdayanti. Banyaklah yang suaranya enak-enak itu. Kalau lagu India siapa itu namanya? Shah Rukh Khan. Dangdut juga suka saya. Ya ada Rhoma Irama, Elvi Sukaesih,” pungkas Ma’ruf.

(sat/JPC)