25 radar bogor

Stabilkan Harga Pangan, Eddy Soeparno Ingin Genjot Produktivitas Petani

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, Eddy Soeparno. Foto: Rendhy.
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, Eddy Soeparno. Foto: Rendhy.

BOGOR-RADAR BOGOR, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, Eddy Soeparno tengah berupaya menggenjot persediaan pangan untuk menekan kenaikan harga Sembako. Demi mewujudkan itu, Eddy akan ikut membantu petani untuk meningkatkan produktivitas lahan.

“Kita akan perjuangkan peningkatan persediaan bahan pangan pemerintah agar kita dapat menekan peningkatan harga pangan yang memberatkan masyarakat,” ungkap Kang Eddy, Selasa (17/12/2018).

Eddy juga menilai pemerintah perlu memberi perhatian untuk sektor pertanian dan perkebunan. Saat ini, alokasi anggaran pemerintah banyak dilarikan untuk pembangunan infrastruktur.

“Alokasi dana pemerintah harus tepat sasaran, jangan semuanya dialokasikan disektor pembangunan,” tuturnya.

Tidak hanya itu, agar menunjang peningkatan produksi bahan pangan nasional, berbagai subsidi penunjang pertanian dan perkebunan akan disalurkan. Hal ini bertujuan meringankan beban biaya produksi para petani.

“Pupuk, bibit dan obat obatan, Insya Allah jika kami diberikan amanah akan kami salurkan kepada para petani kita,” ujarnya.

Disamping itu, kebijakan perubahan lahan pertanian perlu ditinjau kembali. Mengingat dari tahun ke tahun, lahan pertanian semakin berkurang dengan berbagai pembangunan industri dan perumahan.

“Kita harus lindungi lahan lahan pertanian kita, jika lahan terus berkurang secara langsung kita juga mengurangi hasil produksi bahan pangan kita, ini tidak boleh dibiarkan,” Kang Eddy mengatakan.

“Semua ini akan kami perjuangkan agar masyarakat tidak terbebani dengan adanya peningkatan harga bahan pokok,” tutupnya. (ysp)