25 radar bogor

KPI dan Critical Drivers untuk Sukses Bisnis Anda

Penulis : Mohamad Cholid ( Business & Executive Coach, sertifikasi Marshall Goldsmith Stakeholder Centered Coaching)
Penulis : Mohamad Cholid (
Business & Executive Coach, sertifikasi Marshall Goldsmith Stakeholder Centered Coaching)

RUANG meeting di hotel-hotel, di tengah kota atau di kawasan peristirahatan Puncak, Bogor, atau Anyer, fully booked. Organisasi-organisasi bisnis dan nonprofit pada meeting akhir tahun atau gathering pimpinan dan tim. Ini memperlihatkan kegiatan ekonomi semarak, menggembirakan.

Jika Anda termasuk yang siap meeting akhir tahun, apa saja yang sepantasnya dikerjakan agar investasi yang dikeluarkan untuk perhelatan tersebut punya nilai tinggi, membantu Anda dan tim menghadapi 2019 lebih excellent?

Tulisan Kamis lalu (Di 2019 Anda Pilih Menang atau Jadi Korban, Radar, 13/12/18, hal.6) mengajak Anda mengembangkan mindset yang lebih baik dalam menggerakkan organisasi bergerak maju. Apa pun hasil upaya 2018 adalah tanggung jawab Anda sebagai pemimpin. Tidak perlu galau.

Para pemegang saham, board of director, dan manajemen lazimnya akan melihat KPI (Key Performance Indicator) untuk mengukur kinerja yang sudah terjadi. Angka profit yang diperoleh dan tingkat turn-over karyawan adalah contoh KPI. Metode pembuatan KPI dan apa saja yang diukur memiliki variasi sesuai dengan kebijakan dan tujuan organisasi.

Kalau Anda benar-benar mau jadi petarung unggul, mampu win first and then go to war sebagaimana kata Sun Tzu (The Art of War), selain memelototi KPI Anda perlu melakukan langkah lain yang melengkapinya. KPI memang penting, sebagai rekaman fakta-fakta yang sudah terjadi – ibarat Anda menimbang berat badan dan terlihat berapa kilogram tercatat, itulah gambaran KPI.

Maka, jika Anda mau lebih progresif, KPI sebaiknya didampingi oleh upaya lain, yaitu tindakan-tindakan kongkrit yang memberikan dampak positif agar angka yang terbaca sebagai KPI nantinya berubah menjadi lebih baik, sesuai dengan goal Anda. Itu disebut critical drivers.

Untuk mengantisipasi kondisi tahun berikut, organisasi-organisasi lazimnya menyiapkan rencana kerja dan strategi. Kadang perlu meeting di luar kota. Dalam kenyataan, sebagaimana terjadi selama ini, banyak business plan dan strategi tidak terwujud, karena semua personel kunci di organisasi, dari level direksi sampai pelaksana, bekerja sebagaimana selama ini mereka lakukan.

Agar Anda dan tim merdeka dari “jebakan masa lalu”, mengulang-ulang tindakan dan cara kerja yang terbukti tidak relevan lagi dengan tantangan saat ini, dari sekarang tentukan apa saja critical drivers di organisasi Anda. Kalau mau lebih fit dan memiliki berat badan ideal, diperlukan olah raga teratur dan kendalikan pola makan – jangan lagi kebanyakan duduk depan tv sambil nyemil, nonton siaran olah raga.

Critical drivers merupakan action untuk mempengaruhi hasil atau KPI yang akan datang. Ini merupakan tindakan-tindakan nyata secara terukur, dievaluasi secara periodik, dan terus disesuaikan agar fit dalam menyusun bangunan masa depan. Untuk berhasil umumnya memerlukan perubahan perilaku kepemimpinan – bagi kebanyakan orang perubahan ini menimbulkan ketidaknyamanan.

Mohon diingat, di dalam kenyamanan tidak ada pertumbuhan dan pertumbuhan selalu menimbulkan ketidaknyamanan – Anda mesti keluar dari cangkang pola pikir dan kebiasaan lama yang menghambat.

Mengelola usaha menghadapi perubahan yang terus-menerus terjadi di bidang ekonomi, politik, dan sosial memang memerlukan upaya ekstra, perlu lebih cerdas dan berpikiran terbuka dibandingkan yang sudah-sudah. Kecuali bagi yang senang mencandu kerja keras, banting-tulang, tanpa tahu kemana tujuannya – di sekitar kita bukankah masih dapat kita temui orang-orang dengan pola hidup seperti ini.

Organisasi-organisasi dengan kemauan kuat untuk maju, menghasilkan KPI lebih baik, umumnya didampingi konsultan, coach, mentor atau pihak-pihak lain yang memiliki perspektif alternatif dalam menentukan critical drivers masing-masing.

Best practice yang terbukti membantu agar pertumbuhan terkelola dengan lebih baik — antara lain dikerjakan oleh sebuah perusahaan konstruksi belum lama ini — adalah melibatkan seluruh tim dalam prosesnya, memperbaiki kualitas komunikasi di semua level, dan melibatkan stakeholder (termasuk di dalamnya mitra bisnis). (*)

(Untuk konsultasi mengembangkan bisnis Anda secara sehat, kontak Nella – 085280538449).