25 radar bogor

Kebakaran di Lantai 6 Aston Bogor, Karyawan dan Tamu Ikuti Prosedur Penyelamatan

Simulasi kebakaran di Aston Hotel

BOGOR –RADAR BOGOR, Titik api yang berasal dari ruang meeting di lantai 6 disinyalir semakin membesar sehingga bantuan dinas pemadam kebakaran pun harus diturunkan dalam waktu 4 menit hingga evakuasi. Terdapat 2 peran korban yang mengalami tak sadarkan diri dan luka-luka dalam simulasi insiden tersebut. Penanganan cepat segera diambil oleh tim First Aid dengan membawa korban menggunakan tandu menuju ke titik kumpul sebagai tempat evakuasi.

Sadar akan keselamatan merupakan hal yang sangat penting, terutama di dunia kerja dan untuk meningkatan kesiagaan dan kewaspadaan terhadap kebakaran, bekerjasama dengan Pemadam Kebakaran (DAMKAR) Kota Bogor, Tim Fire & Safety Inspection dan HRD Hotel Aston Bogor telah membuat skenario dan menjelaskan mengenai skenario simulasi kepada karyawan dapat memahami alur serta mengetahui assembly point atau titik-titik aman yang harus disinggahi pada saat mengikuti simulasi Fire Drill pada hari Senin, (17/12/2018).

Adapun persiapan yang dilakukan untuk simulasi Fire Drill ini yaitu seluruh karyawan terlebih dahulu mengikuti kelas training yang mengajarkan secara teori tentang pentingnya simulasi Fire Drill dan penjelasan mengenai jenis dan kegunaan dari alat-alat pemadam kebakaran sehingga tidak salah dalam penggunaan.

Setelah itu, karyawan diminta untuk mempraktekkan penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang benar sesuai dengan tahapan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

General Manager Aston Bogor Hotel & Resort, M. Darto, CHA mengatakan kegiatan ini dilakukan setiap setiap setahun sekali yang diikuti seluruh karyawan maupun tamu yang menginap dan bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kesiagaan karyawan ketika terjadi kejadian kebakaran agar tidak panik dan tanggap dalam mengatasi situasi darurat dengan cara-cara yang benar.

Didukung oleh DAMKAR Kota Bogor simulasi ini menjadi lebih lengkap dan berkesan sungguhan dengan adanya mobil pemadam kebakaran. Seluruh karyawan sangat antusias dalam mengikuti praktek di lapangan hal ini juga diharapkan dapat bermanfaat bagi managemen dan seluruh karyawan Aston Bogor.

Aston Bogor Hotel & Resort adalah hotel dan resor bintang 4 Internasional terkemuka di Bogor yang bertujuan menawarkan fasilitas yang lengkap untuk para pelancong dengan keperluan bisnis maupun liburan, serta para penyelenggara professional kegiatan MICE.

Hotel dan resor baru ini merupakan bagian dari daerah komersial Bogor Nirwana Residence serta memiliki 223 kamar dan kondominium dalam berbagai tipe, mulai dari satu hingga dua kamar tidur kondominium serta beberapa kamar suite. Fasilitas lainnya meliputi lobby lounge, coffee shop, terrace cafe, ballroom besar tanpa pilar, serta beberapa ruang pertemuan kontemporer.

Selain itu, terdapat juga beragam pilihan fasilitas rekreasi di dalam hotel seperti, pusat kebugaran, Spa, dan Kolam renang dengan ukuran besar di luar ruang.

Para tamu hotel juga dapat menikmati fasilitas rekreasi lainnya yang berada di dekat dengan hotel, seperti Wahana Air The Jungle, Bogor Bowling Center, Indoor Futsal, serta Orchard Walk yang menghadirkan berbagai pilihan restoran dan kafe. (adv)