25 radar bogor

Akses Jalan ke Kawasan Wisata Curug Nangka Rusak Parah

Penampakan jalan atau akses menuju kawasan wisata di Curug Nagka, Kampung Salaka yang rusak dan menghambat wisatawan ke lokasi.

TAMANSARI – RADAR BOGOR, Jalan sepanjang tiga kilometer yang merupakan akses kawasan wisata Curug Nangka, Kampung Salaka, Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, rusak parah.

Kepala Desa Sukaluyu, Syarif menjelaskan, memang saat ini untuk kondisi jalan yang berada di Desa Sukaluyu dalam kondisi rusak. Menurutnya, jalan yang terhubung di beberapa kawasan wisata tersebut memang layak untuk dilakukan revitalisasi.

Tak hanya itu, kata dia, pihaknya pun akan melakukan pelebaran jalan serta akan mengusulkan status akses tersebut menjadi jalan Kabupaten. Selain menjadi sarana utama masyarakat dalam mobilisasi, Syarif menambahkan, akses tersebut juga menjadi jalan menuju ke salah satu Boarding School ternama yang berada di kawasan tersebut.

“Kami akan sampaikan kondisi jalan ini dalam  pengajuan di Musrenbang yang akan datang. Harapan kami usulan ini bisa masuk dalam anggaran perubahan APBD Kabupaten Bogor tahun 2019 mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat setempat, H Ruhpiatna  atau yang dikenal Haji Lutpi membenarkan bahwa lokasi Jalan Sukaluyu memang harus segera dilakukan revitalisasi dan juga ditingkatkan statusnya jadi jalan Kabupaten Bogor.

Menurutnya, jalan tersebut merupakan salah satu akses masyarakat desa yang ada di Kecamatan Tamansari. Sehingga, kata dia, dirinya juga mendukung rencana Pemerintah Desa (Pemdes) Sukaluyu dalam pengajuan peningkatan kualitas jalan.

“Apalagi jalan ini jadi jalur alternatif ke beberapa kawasan wisata yang ada di Tamansari. Kami mendukung upaya kades yang akan mengajukan peningkatan kualitas jalan, “pungkasnya. (rp1/c)