25 radar bogor

Kolaborasi dan Kreasi Jadi Haluan Tepat KNPI Sebagai Lokomotif Pemuda Indonesia

Zein While Tokoh Forum Intelektual Muda Nusantara.
Zein While Tokoh Forum Intelektual Muda Nusantara.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Heterogenitas Indonesia menjadi gambaran yang harus diverminkan setiap wadah perkumpulan yang mengatasnamakan bangsa ini. KNPI sebagai wadah pemuda juga tentu mesti menjadi  perwujudan dari keberagaman tersebut.

Parnyataan tersebut disampaikan Zein While Tokoh Forum Intelektual Muda Nusantara. Menurutnya, KNPI harus mampu memposisikan keragaman tersebut menjadi sebuah potensi untuk di ekploitasi .

“Mempotensikan duversity sebagai sebuah kekuatan besar, hanya bisa tejadi apabila ada ruang yang adil unntuk semua kelompok, untuk ikut memberikan sumbangsih nyata bagi kelempok heterogen tersebut, atau singkatnya dengan kolaborasi,” tuturnya.

Kehendak untuk turut menjaga keberagaman dalam ikatan kesatuan perlu ditenun dengan kolabirasi karya, kolaborasi gagasan, kolaborasi ide dan perspektif. “Dengan meramu semua potensi perbedaan menjadi satu hidangan karya bersama maka akan terwujud suatu persatuan hakiki,” katanya.

Sebagai contoh karya master piece para founding father bernama Pancasila, di dahului dengan kolaborasi gagasan mereka yang berbeda. KNPI sebagai kendaraan pemuda Indonesia harus mengadopsi secara kontektual bentuk kolaborasi itu sebagai haluan ke depan, karena dengan kolaborasi pemuda Indonesia akan selalu menghasilkan kreasi.

Realitas kebangsaan hari ini yang menjurus kepada ancaman terhadap tenun kebangsaan, juga harus menjadi concern dari KNPI. “Jurang perbedaan yang semakin menganga harus secepatnya dijembatani oleh pemuda Indonesia sebagai aset masa depan bangsa,” ungkapnya.

Ancaman ini harus mampu dikonversi menjadi tantangan KNPI sebagai alat pemuda untuk terus menyuarakan persatuan. Salah satu cara yang efektif adalah dengan terus mendorong pemuda berinovasi dalam kreasi.

“Hali ini juga akan menjawab tantangan kemajuan global yamg semakin cepat untuk keperluan internal KNPI, demi mempertahankan eksistensinya sebgai wadah bersatunya pemuda indonesia,” tandasnya.

Karena syarat bagi sebuah kelompok untuk survive adalah kreasi, tanpa kreasi tidak akan ada eksitensi. Maka hal mutlak yang harus dilakukan KNPI dan pemuda Indonesia adalah terus memupuk dan menyuburkan kreatifitas. “Tanpa hal itu pemuda Indonesia akan layu dan tentunya masa depan bangsa ini akan berada dalam naungan awan gelap,” pungkasnya.

KNPI untuk itu harus menjadi pioneer, berada di depan untuk memberikan arah bagi pemuda Indonesia agar fokus kepada kreasi sehingga bangsa ini kaya dengan karya para pemuda bangsanya. Dengan kreasi pemuda tidak akan disibukan oleh aksi-aksi non produktif yamg mengganggu keharmonisan bangsa. Fokus utamanya hanya berkreasi untuk negeri.

“Maka dari dua premis diatas, kiranya kolaborasi dan kreasi akan menjadi haluan yang tepat bagi KNPI untuk memberi sumbangsih kepada negeri, dan hanya dengan nafas itu   KNPI bisa tetap menjadi lokomotif pemuda Indonesia menjembatani  diversity menjadi unity,” terangnya. (*/ysp)