25 radar bogor

Bogor Dilanda Angin Kencang, Mulai Hari Ini Kebun Raya Ditutup untuk Umum

Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor
Suasana di dalam Kebun Raya Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Kebun Raya Bogor (KRB) ditutup untuk umum mulai hari ini sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan.

Penutupan kawasan milik Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) itu, terkait dengan kondisi cuaca berupa angin kencang yang melanda sebagian wilayah Bogor, sejak Minggu (16/12/2018) hingga Senin (17/12/2018) pagi.

“Ya, karena kondisi cuaca angin kencang mulai dari kemarin, beresiko menyebabkan pohon tumbang sehingga mengancam keselamatan pengunjung, maka dari itu kami menutup sementara lokasi Kebun Raya Bogor bagi pengunjung,” kata Humas PKT Kebun Raya Bogor-LIPI, Ayi Doni Darusallam, kepada Radar Bogor, Senin (17/12/2018) pagi.

Untuk waktu penutupan, menurutnya belum ada keputusan dan belum bisa ditentukan sampai kapan, masih melihat kondisi. “Mungkin sampai kondisi aman lah secara umum seperti itu, kalau misalkan sudah aman kita buka kembali,” terangnya.

Dijelaskannya, penutupan itu bagi pengunjung yang biasa datang langsung, sedangkan bagi pengunjung yang sudah melakukan booking atau pemesanan tiket jauh hari sebelum penutupan, masih bisa masuk dan berwisata.

“Ya, bagi pengunjung yang sudang membooking masih tetap bisa masuk, namun lokasinya kita arahkan ke tempat yang lebih aman, yang tidak ada pohon tinggi, seperti didekat Museum Zoologi, sekitar Bank Biji, dan depan Guest House Nusa Indah,” kata dia.

Sekali lagi ia menegaskan bahwa penutupan ini sebagai antisipasi untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. “Kegiatan-kegiatan antisipasi seperti ini sudah sering dilakukan, terutama saat kondisi cuaca seperti angin kencang dan hujan deras,” pungkasnya. (gal/ysp)