25 radar bogor

Gunung Soputan Meletus, Status Siaga Tiga. BNPB: Warga Belum Perlu Mengungsi

Gunung Soputan
Gunung Soputan

SULAWESI-RADAR BOGOR, Gunung Soputan di Sulawesi Utara meletus pada Minggu (15/12/2018) pukul 03.09 Wita. Hingga pukul 08.57 Wita, masih terdengar suara gemuruh.

Kepala Humas Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, kondisi itu dinilai masih wajar. Masyarakat diminta tetap tenang dan tidak perlu mengungsi terkait letusan Gunung Soputan.

“Masyarakat belum perlu mengungsi. Status Siaga (Level 3),” ujar Sutopo dalam akun twitternya, Minggu (16/12/2018).
Sutopo menambahkan, tinggi kolom abu vulkanik erupsi Gunung Soputan mencapai 7,5 km. Meski demikian, kondisi ini tidak mempengaruhi aktivitas penerbangan di Bandara Sam Ratulangi Manado.

“Gunung Soputan di Sulut masih terus meletus mengeluarkan abu vulkanik, bergemuruh, dan tremor menerus hingga 16/12/2018 pukul 07.30 WITA. Bandara Sam Ratulangi Manado masih aman dan beroperasi normal,” tulis Sutopo.

Sementara itu, berdasarkan data Pos Pemantau Gunung Soputan di Silian, erupsi pertama terjadi pada pukul 01.02 Wita, dengan amplitudo 40 milimeter disertai suara gemuruh.

“Letusan kedua terjadi pukul 03.09 Wita, dengan tinggi kolom abu mencapai 3.000 meter dari puncak gunung. Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal mengarah ke tenggara. Erupsi terekam dalam seismograf dengan amplitudo 40 milimeter, ” kata Kepala Pos Pemantau Gunung Soputan Asep Saifullah di Silian seperti dikutip dari Antara.

Pada pukul 05.40 Wita kembali terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu teramati 7.000 meter dari puncak gunung.

“Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan ini mengarah ke arah barat daya,” katanya.

Masyarakat diminta menyiapkan masker untuk mengantisipasi hujan abu di daerah-daerah yang terdampak. (ysp)