25 radar bogor

SoDung : Pupuk Rasa Cinta Almamater Sejak Dini


BOGOR-RADAR BOGOR, Pada dasarnya, tidak semua program studi yang diinginkan mahasiswa mampu diraih sesuai dengan apa yang diinginkan.

Banyak mahasiswa, tidak saja di IPB yang merasa dirinya salah masuk program studi. Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap rendahnya semangat dan motivasi mahasiswa untuk mengali potensi dirinya.

Hal ini mendorong asrama Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) yang bekerjasama dengan Direktorat Kerjasama dan Hubungan Alumni (DKHA) Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk kembali menghadirkan sepuluh alumni muda yang sukses berkarya setelah lulus dalam kegiatan “Social Gathering Gedung (SoDung)” yang dilaksanakan Rabu (12/12) di Gedung Asrama PPKU, Kampus IPB Dramaga, Bogor.

“Kami melihat bahwa mahasiswa baru ini membutuhkan semangat yang mampu membuat mereka bangkit. Banyak dari mereka yang merasa bahwa dirinya itu salah masuk program studi. Tentunya motivasi ini bisa mereka dapatkan dari orang-orang yang telah berpengalaman yaitu alumni,” terang Dr. Zaenal Abidin, Asisten Direktur Bidang Asrama Mahasiswa dan Kemahasiswaan PPKU IPB.

Sepuluh alumni tersebut diantaranya: Erick Mulyana, Zimam, Muhammad Reza Pahlevi, Zulfikar Rahman, Azka Lathifa, Faradila Danasworo Putri, Devi Novi Astuti, Annisa Hasanah, Muhammad Imron Halimi, dan Aang Hudaya.

Annisa Hasanah, alumni IPB yang berwirausaha di bidang permainan anak mengajarkan kepada mahasiswa, agar merencanakan dari sekarang masa depan mereka dengan rapi yaitu dengan tulisan.

“Hanya dengan membuat game saya bisa ke Jerman. Semua mimpi yang saya miliki saya tulis semuanya. Karena bagi saya, tidak cukup jika hanya mengandalkan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), maka saya selalu melakukan dengan maksimal, ketika berada di luar. Jadi mulai dari sekarang adik-adik menyusun rencana,” ujarnya.

Sementara itu alumni yang juga ahli fotografer, Devi Novi Astuti menceritakan kisah dan pengalamannya ketika pergi ke luar negeri dan mengelilingi berbagai daerah di Indonesia. Baginya di organisasilah ia belajar kepemimpinan.

“Prinsip saya dalam hidup adalah sebaik-baik manusia yakni yang bermanfaat bagi sesamanya. Itulah mengapa apapun, yang saya ikuti maka saya tidak akan bertanya apa yang diberikan untuk saya, melainkan apa yang bisa saya berikan? Itulah yang kemudian memotivasi saya,” tambahnya.

SoDung merupakan kegiatan rutin untuk insan asrama PPKU. Kegiatan ini dilakukan di tiap gedung asrama dengan mengundang pembicara tamu.

Kegiatan SoDung ini bertujuan untuk menyediakan ruang interaktif dan pengayaan informasi bagi seluruh insan asrama dalam satu gedung.

Harapannya, para alumni-alumni yang diundang mampu memberikan motivasi, adaptasi, dan sharing informasi terkini yang mengacu pada pengembangan dan penguatan karakter insan asrama. (SMH/ris)