25 radar bogor

Eddy Soeparno Beri Motivasi Wisausahawan Muda

Sekjen DPP PAN, Eddy Soeparno
Sekjen DPP PAN, Eddy Soeparno saat menyapa dan menyerap aspirasi generasi melenial.

BOGOR-RADAR BOGOR, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN yang juga merupakan Calon Anggota DPR RI Dapil Jabar III nomor urut 1, Eddy Soeparno mendorong pemuda untuk berkecimpung di dalam dunia wiraswasta khususnya generasi milenial. Wiraswasta dinilai bisa mendorong kreatifitas.

“Kewirausahaan atau entrepreneurship adalah soal mindset. Ini semua tentang cara berpikir, bukan sekadar soal pekerjaan. Bagaimana kita bisa berpikir positif, selalu melihat peluang, dan fokus mencapai tujuan kita,” kata Eddy, Kamis (13/12/2018).

Kang Eddy juga mengungkapkan generasi milenial yang telah aktif dalam teknologi dan informasi memiliki modal awal untuk memulai wirausaha.

Dia menuturkan banyak anak muda bangsa telah mengukir prestasi dengan membuka lapangan kerja dan memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat melalui bisnis rintisan, seperti aplikasi ojek online.

“Kuncinya yaitu kerja keras atau ikhtiar, kerja cerdas, kerja tuntas, kerja ikhlas dan selalu berdoa,” ujar Kang Eddy.

Wiraswasta dinilai sebagai solusi kreatif untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur.

Kang Eddy juga berpesan, supaya para penggiat UMKM tidak mudah putus asa serta tetap gigih dalam melakukan suatu hal. Menurutnya, berbisnis adalah kegiatan yang bersifat dinamis dan penuh tantangan.

“Pesan saya jangan dianggap sebuah pekerjaan. Karena kalau pekerjaan terima gaji dan resikonya tidak terlalu tinggi. Kalau pengusaha itu selalu dekat dengan untung rugi, tetapi biasanya kalau rugi jadi motivasi,” paparnya.

Ia menambahkan, persaingan usaha di masyarakat saat ini sangat ketat, karenanya jangan sampai cepat puas dengan hasil-hasil yang telah dicapai. Tetapi sebagai pengusaha harus menyesuaikan dengan selera konsumen di masa depan.

“Kalau tidak ada harapan kita tidak akan mau menjadi pengusaha. Prospek dan keuntungan pasti ada, selama kita terus berusaha dan berdoa,” pungkas Kang Eddy.(pin)