25 radar bogor

Bantu Korban Bencana, Dua Ton Beras Disebar di Tiga Kecamatan di Kabupaten Bogor

Sebanyak dua ton beras disebar untuk korban bencana di Kabupaten Bogor.
Sebanyak dua ton beras disebar untuk korban bencana di Kabupaten Bogor.

BOGOR–RADAR BOGOR, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor, telah menyalurkan dua ton beras kepada korban yang terdampak bencana longsor, puting beliung, dan lainnya, Kamis (13/12/2018). Dua ton beras ini disebar buat korban bencana di Kecamatan Tamansari, Ciomas, dan Dramaga.

Kasi Distribusi dan Harga Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor, Sutriana mengatakan, ini merupakan bantuan dari dinas kepada wilayah–wilayah terdampak bencana.

“Jadi desa yang terdampak bencana diajukan ke Kecamatan. Dan data penerimannya harus dilampirkan dengan jelas. Baru di sampaikan ke Dinas Ketahanan Pangan,“ ujarnya kepada Radar Bogor.

Adapun mekanisme bantuan yang diberikan, lanjut Sutriana, sebelumnya pihaknya akan melakukan verifikasi terlebih dahulu bagi desa – desa terdampak.

Kemudian, dari hasil verifikasi, rapat konsolidasi antara SKPD, kecamatan dan instansi akan menentukan jumlah bantuan yang diberikan.

“Di Perbup ada hitungannya, misalkan untuk per jiwa diberikan 300 gram per hari. Kemudian bantuan itu akan diberikan selama berapa hari, maksimalnya 60 hari. Itu juga misalkan bencananya berat. Jumlanya itu dikaji di lapangan. Kita tidak menentukan sendiri tapi ditentukan oleh tim,“ jelasnya.(rp1/c)