25 radar bogor

Anggaran Pemulihan Bencana Puting Beliung 1,5 Miliar, Pemkot Bogor Belanjakan 1.300 Asbes

RUSAK: Sejumlah warga di RT 02/07, Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan mulai memperbaiki yang rusak setelah diterjang puting beliung.

BOGOR–RADAR BOGOR,Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berjanji, akan maksimal dalam penanganan pascabencana puting beliung. Hingga kemarin, tercatat sudah ada 1.821 rumah warga di tiga kecamatan yang terdampak.

Kerusakan didominasi pada bagian atap lantaran tersapu angin. Pemerintah saat ini, telah menyiapkan dana dari pos Belanja Tidak Terduga (BTT) dan Bantuan Sosial (Bansos) sebesar Rp5 miliar.

Angin Puting Beliung Porak Porandakan Lawang Gintung, Ini Video Penampakannya

Sementara, saat ini anggaran yang telah berhasil dicairkan senilai Rp1,5 miliar untuk tahapan transisi pemulihan pascabencana.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor, Azrin Syamsuddin mengatakan, dari anggaran yang sudah dicairkan tersebut dibelanjakan sebanyak 1.300 atap rumah atau asbes untuk keperluan para korban bencana angin puting beliung.

Selain itu, kata dia, segala sesuatu kebutuhan warga seperti terpal, makanan, minuman, pakaian, dan perlengkapan bayi pun telah disiapkan agar segera bisa tersalurkan dengan baik.

Sepekan Mengungsi, Penyakit Mulai Serang Korban Puting Beliung di Kota Bogor

“Semua asbes sudah kami distribusikan ke setiap kelurahan-kelurahan yang terdampak bencana untuk disalurkan langsung kepada warga,” ungkapnya.

Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Bencana, Hanafi menambahkan, terdapat persyaratan administratif yang perlu dipertanggung­jawab­kan oleh calon penerima bantuan. Hal itu, dilakukan agar tepat sasaran.

“Seperti alas hak yang jelas salah satunya. Tetapi, kalau darurat bencana kami mengeluarkan dana tidak terduga. Bukan dalam bentuk uang yang akan diterima mereka, tetapi fasilitas yang diperlukan atas bencana itu,” terang Hanafi. (gal/rp2/c)