25 radar bogor

Rencanakan Aksi Saat Natal, Dua Terduga Teroris Jaringan JAD Diciduk Densus 88

Ilustrasi Densus 88 tangkap terduga teroris
Ilustrasi Densus 88 tangkap terduga teroris
Ilustrasi Densus 88

JAKARTA-RADAR BOGOR, MI dan B, dua terduga teroris yang diamankan di Sleman dan Yogyakarta diduga akan melancarkan aksinya (teror) saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2019. Hal itu disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo.

“Ini kan indikasi bisa ke arah situ. Yang jelas tugas kita adalah mengantisipasi jangan sampai aksi tersebut bisa terjadi,” ujarnya di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Dedi menuturkan, B yang ditangkap di Yogyakarta berasal dari Balikpapan, Kalimantan Timur, Sedangkan MI yang ditangkap di wilayah Yogyakarta dan tinggal di Sleman merupakan warga Indramayu.

“Keduanya ini adalah satu jaringan dan memiliki keterkaitan tentang rencana aksi terorisme bom di Indramayu,” tuturnya.

Saat ini, tim Densus 88 sedang mendalami kelompok dua pelaku tersebut terkait pergerakannya di Pulau Jawa. “Mereja terlibat aktif di dalam jaringan ini untuk siapkan aksi. Memiliki peran masing-masing karena jaringan ini masih terus didalami oleh Densus 88 dan Satgas (Antiteror Polda),” tegas Dedi.

Tim juga masih mendalami daerah mana saja yang ditarget MI dan B. Namun terakhir kali mereka aktif di wilayah Jawa Barat. “Masih didalami lah. Petugas juga akan berhati-hati untuk mengungkap jaringan ini,” bebernya.

Namun diduga, mereka berdua bagian dari Jamaah Ansharut Daulah (JAD). “Iya, keterkaitannya ke situ,” pungkas Dedi. (dna/JPC)