25 radar bogor

Harbolnas Puncaki Trending Topik, Menkominfo Sampaikan Pesan Ini

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Rudiantara di akun media sosialnya kepada warganet menyambut Harnbolnas, 12 Desember 2018. (jpnn/jawapos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR,Hari belanja online nasional (Harbolnas) yang digelar hari ini, 12 Desember 2018, sempat memuncaki trending topik tanah air. Terutama dua tagarnya di twitter #Harbolnas2018 dan #Harbolnas1212. Ini pertanda bahwa masyarakat antusias sekali dengan gelaran yang diviralkan oleh sejumlah situs jual beli online atau pelaku e-commerce di Indonesia ini.

“Selamat berbelanja, teman-temen,” begitu cuitan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Rudiantara di akun media sosialnya kepada warganet menyambut Harnbolnas, hari ini.

Menurut dia, pemerintahan Jokowi mendukung penuh kegiatan e-commerce yang banyak diminati oleh kaum muda dan UMKM, dengan dibangunnya konektivitas antar wilayah guna menyiapkan infrastruktur logistik.

“Saat ini sekitar 4,7 juta unit UMKM yang sudah go-online,” katanya.

Selain konektivitas fisik, peta Jalan e-commerce juga membangun tol informasi yang menghubungkan seluruh Indonesia dengan jaringan internet.

Jalan tol darat, tol laut dan pelabuhan hingga tol udara akan menghubungkan semua pulau di Indonesia untuk memperlancar kegiatan logistik.

Lebih lanjut, Rudiantara juga mengatakan, di penghujung 2018 ini tidak satu pun daerah di Indonesia yang tidak terhubung dengan jaringan backbone internet cepat Palapa Ring.

Dengan begitu, sebagaimana disampaikan Rudi di media sosial, “UMKM juga makin mampu mengedepankan produk dan layanan kreasi mereka sendiri. Dalam hal ini kita jg harus bantu dengan memilih produk2 lokal dlm #HarBolNas2018 ini.” cuitnya.

(jpg/JPC)