25 radar bogor

IPB dan Tokai University Jalin Kerjasama Akademik

JEPANG-RADAR BOGOR, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Dodik Ridho Nurrochmat dan Executive Manager of Kyushu Campuses, Tokai University, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di Meeting Room, Tokai University Kumamoto (TUK), Jepang (8/12).

Selain dengan IPB, pada kesempatan yang sama TUK juga menjalin kerjasama serupa dengan Universitas Padjadjaran (Unpad).

IPB dan TUK sepakat untuk menjalin kerjasama akademik selama lima tahun ke depan untuk kegiatan seperti pertukaran peneliti, dosen maupun guru besar, pertukaran lulusan, pertukaran informasi akademik dan hal-hal lain yang menguntungkan kedua belah pihak, riset bersama dan kerjasama lainnya yang disetujui oleh kedua belah pihak.

“Kerjasama ini untuk mendukung riset dan proses pendidikan yang saling menguntungkan bagi kedua perguruan tinggi,” ujar Prof. Dodik.

Menurutnya, kerjasama ini berawal dari kegiatan yang telah dilakukan oleh Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam “Supporting SMEs in Overseas Business Project” di Jawa Barat. Dalam program ini JICA melakukan upaya untuk peningkatan produktivitas, pengolahan dan pengembangan produk dari perkebunan stroberi. Mereka telah melakukan supervisi kepada produsen, pemerintah daerah dan fakultas di perguruan tinggi terdekat.

“Sejak tahun 2017, beberapa pakar dari fakultas pertanian dan teknologi industri di TUK, yang mendukung proyek JICA, terus melakukan kerjasama dengan fakultas pertanian dari IPB dan Unpad. Sejak saat itu, IPB dan Unpad mulai mendiskusikan tentang peluang kerjasama akademik ke arah pertukaran pelajar dan riset bersama. Kemudian kerjasama ini diresmikan pada acara the 18th Asia Agricultural Symposium di TUK campus,” imbuhnya. (**/Zul)