25 radar bogor

Bahaya! Gundukan Sampah Pabrik di Cibinong Longsor dan Cemari Sungai

Gundukan sampah
Gundukan sampah di Kampung Citata Dalem, Kelurahan Ciriung, Kecamatan Cibinong, longsor dan mencemari Sungai Cikeas.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Keberadaan gunungan sampah yang diduga berasal dari limbah pabrik di Kampung Citata Dalem RT 03/04, Kelurahan Ciriung, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, sangat membahayakan warga setempat.

Saking banyaknya, beberapa waktu lalu gundukan sampah ini pun longsor. Bahkan, tinggi gundukan sampah itu lebih dari 10 meter. Kini, longsoran samah itu sudah mencemari Sungai Cikeas yang berada persis di bawahnya.

“Waktu itu longsornya Kamis (6/12) sore. Diatas itu memang lahan kosong yang sudah bertahun-tahun dijadikan pembuangan sampah,” beber Ratna Ningasih, warga setempat saat mendatangi kantor Graha Pena Radar Bogor, Selasa (11/12/2018).

Menurutnya, sudah bertahun-tahun lamanya aktivitas pembuangan sampah di sana dilakukan. Bahkan Ratna mengakui, bahwa ada oknum yang membekingi lokasi pembuangan tersebut. Padahal, lahan tersebut bukan tempat pembuangan sampah yang dimiliki oleh pemerintah.

“Dibawahnya itu yang terkena longsor ada tanaman jagung dan kopi, lahan milik saya. Tetapi malah menjadi gunung sampah sekarang. Bahkan di kali itu sekarang jadi tercemar gara-gara sampah yang menumpuk dibawah,” ketusnya.

Dia mengaku sudah melaporkan hal tersebut ke Polres Bogor. Sebelum rencananya nanti bakal melaporkan ke instansi pemerintahan.

“Waktu itu juga pernah diambil sample air dari lingkungan hidup (DLH, red), tapi belum ada hasilnya,” tukasnya.(dka/c)