25 radar bogor

Tumpukan Sampah Terbakar, Gudang Pakan Ternak di Cisarua Hangus Dilahap Api 

Gudang pakan ternak yang terbakar di Cisarua.
Gudang pakan ternak yang terbakar di Cisarua.

CISARUA – RADAR BOGOR, Sebuah gudang berisi pakan ternak yang berlokasi di kawasan Pasar Tohaga Cisarua, Desa Citeko, Kecamatan Cisarua hangus dilahap api. Selasa (11/12/2018) dini hari. Tumpukan sampah yang terbakar diduga menjadi asal muasal api yang menghanguskan seluruh bagian gudang tersebut.

Kepala Sektor Pemadam Kebakaran (Damkar) Ciawi, Nendri mengatakan, api yang menghanguskan seluruh bagian gudang tersebut terjadi sekitar pukul 02.00 WIB. Pihaknya mendapatkan laporan dari warga dan langsung terjun ke lokasi.

“Kita dapat telepon dan langsung menerjunkan dua unit mobil Damkar untuk melakukan penanganan. Api berasal dari bakaran sampah tepat disamping gudang,“ jelasnya.

Nendri menjelaskan, kobaran api sempat membumbung tinggi. Hal itu dikarenakan bahan bangunan dari gudang tersebut di dominasi oleh kayu. Selain itu, lanjut dia, pakan ternak yang berada di dalam gudang juga menjadi faktor api semakin membesar. “Bahan bangunannya kayu jadi api mudah merambat,“ katanya.

Dalam proses penanganan api, lanjutnya, Damkar sempat terkendala oleh akses yang sempit untuk menuju lokasi kejadian. Karena, sambung dia, terdapat banyak kios pedagang yang menghalangi laju unit Damkar untuk tiba di lokasi.

“Kendala lainnya tidak ada, hanya kios di pinggir jalan menjadi kendala untuk penanganan. Tapi karena kebetulan malam, para pedagang sudah mulai tutup jadi agak lancar,“ ujarnya

Lebih lanjut, Nendri menturukan, pihaknya berhasil menjinakan api yang mengamuk tersebut selama dua jam. Akan tetapi, seluruh bagian gudang beserta isinya sudah hangus terbakar. Sementara, untuk kerugiannya hingga saat ini belum dapat diprediksi. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Tidak ada korban jiwa, penanganan juga berhasil kita lakukan. Api yang mengamuk juga tidak merembet ke bagian pasar lainnya,“ tandasnya. (rp1)