25 radar bogor

Puluhan Ikan Mati, Warga Parungpanjang Bersihkan Kali Cimatuk

Warga
Warga Desa Gintung Cilejet, Kecamatan Parungpanjang, bergotongroyong membersihkan Kali Cimatuk, Senin (10/12/2018).

PARUNGPANJANG-RADAR BOGOR, Keberadaan Kali Cimatuk bagi warga Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor, banyak manfaatnya. Namun sayang, kali yang berada di Desa Gintung Cilejet, Kecamatan Parungpanjang ini sudah tercemar limbah pabrik.

Prihatin melihan kondisi kali yang semakin tercemar, puluhan warga Desa Gintung Cilejet, bergotong royong membersihkan kali dari limbah dan kotoran pelastik, Senin (10/12/2018).

Saat membersihkan kali, warga memukan sampah dan puluhan ekor ikan mati yang diduga akibat racun limbah konveksi pabrik.

“Kegiatan membersihkan aliran kali Cimatuk Desa Gintung ini dilakukan bersama Karang Taruna. Semua warga, aparatur pemerintah desa, dan dibantu prajurit TNI dari Koramil Parungpanjang yang bertugas di desa (babinsa) juga membantu,” ujar salah seorang warga, Dani (32) kepada Radar Bogor.

Ia mengatakan, kurangnya peralatan warga dalam membersikan kali Cimatuk menjadi kendala utama. Sebab, cukup sulit mengajak warga turun bersama membersihkan kali.

Sementara itu, aktivis peduli kebersihan kali (APK2) Ridwan Manantik mengapresiasi gerakan pemuda yang peduli terhadap kali dan menjaga lingkungannya. “Tidak harus menunggu perintah desa atau siapapapun untuk peduli lingkungan,” terangnya.(nal/b)