25 radar bogor

Kompromi politik antara Partai Gerindra dan PKS dalam penentuan calon wakil gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno masih belum menemui titik terang. Munculnya calon alternatif dari luar Gerindra dan PKS dinilai bisa menjadi solusi. “Namun yang harus digaribawahi adalah dengan catatan PKS Legowo,” kata pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Adi Prayitno, Senin (10/12). Diketahui, hingga saat ini “perseteruan” antara dua partai pengusung gubernur dan wakil DKI Jakarta masih menemui jalan buntu. PKS masih belum percaya diri mengajukan calonnya, lantaran Partai Gerindra mensyaratkan harus terlebih dahulu dilakukan uji kelayakan dan kepatutan. Gerindra berdalih, fit and proper test sebagai standar prosedur dalam proses penyaringan seorang pemimpin. Bahkan hal itu diklaim termaktub dalam AD/ART partai. Sementara PKS terkesan keberatan dengan syarat itu karena menganggap kursi wakil gubernur DKI sudah menjadi haknya, sepeninggal Sandiaga Uno yang maju sebagai calon wakil Presiden Prabowo. Kemudian, keduanya sempat sepakat untuk kembali duduk bersama membahas persoalan ini pekan lalu, namun hingga kini pertemuan belum juga terealisasi. Calon wagub DKI pun sampai hari ini masih menjadi wacana. Lebih lanjut Adi menjelaskan, berlarut-larutnya dinamika politik antara Gerindra dan PKS dalam penentuan wagub DKI, bisa menjadi bumerang bagi pasangan capres Prabowo-Sandi. Mesin politik PKS, kata dia, bisa tidak berjalan maksimal lantaran energinya habis untuk mengurusi persoalan kursi wagub DKI. Meski secara lisan Gerindra telah menyerahkan kursi wagub DKI ke PKS, dan PKS konon telah menetapkan dua calon yang akan diajukan yakni Sekretaris Umum DPW PKS DKI Jakarta Agung Yulianto dan mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu, perundingan tetap tanpa hasil. Karena itulah, Adi menilai, salah satu win win solusinya yaitu sepakat pada wacana calon dari luar PKS dan Gerindra bisa yang memberi harapan baru, kendati secara politik kursi wagub DKI adalah jatah PKS. “Ini bisa menjadi titik temu, tapi bisa juga tidak,” ujarnya. Lebih lanjut, Adi mengomentari kemunculan nama Erwin Aksa di tengah-tengah kebuntuan kompromi Gerindra dan PKS. Menjadi titik temu, jika PKS gayung bersambut dan ikut merekomendasikan Erwin Aksa menjadi calon pendamping Anies Baswedan di Balai Kota. “Ini karena Gerindra terkesan welcome (setuju Erwin jadi cawagub), PKS curiga Gerindra bermain di dua kaki. Ini bukan lagi titik temu,” pungkasnya. (aim/JPC)

Pengusaha muda Erwin Aksa disebut-sebuat sebagai figur alternatif pengganti Sandiaga Uno di kursi Wagub DKI. (jpnn/jawapos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR,Kompromi politik antara Partai Gerindra dan PKS dalam penentuan calon wakil gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno masih belum menemui titik terang. Munculnya calon alternatif dari luar Gerindra dan PKS dinilai bisa menjadi solusi.

“Namun yang harus digaribawahi adalah dengan catatan PKS Legowo,” kata pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Adi Prayitno, Senin (10/12).

Diketahui, hingga saat ini “perseteruan” antara dua partai pengusung gubernur dan wakil DKI Jakarta masih menemui jalan buntu. PKS masih belum percaya diri mengajukan calonnya, lantaran Partai Gerindra mensyaratkan harus terlebih dahulu dilakukan uji kelayakan dan kepatutan.

Gerindra berdalih, fit and proper test sebagai standar prosedur dalam proses penyaringan seorang pemimpin. Bahkan hal itu diklaim termaktub dalam AD/ART partai. Sementara PKS terkesan keberatan dengan syarat itu karena menganggap kursi wakil gubernur DKI sudah menjadi haknya, sepeninggal Sandiaga Uno yang maju sebagai calon wakil Presiden Prabowo.

Kemudian, keduanya sempat sepakat untuk kembali duduk bersama membahas persoalan ini pekan lalu, namun hingga kini pertemuan belum juga terealisasi. Calon wagub DKI pun sampai hari ini masih menjadi wacana.

Lebih lanjut Adi menjelaskan, berlarut-larutnya dinamika politik antara Gerindra dan PKS dalam penentuan wagub DKI, bisa menjadi bumerang bagi pasangan capres Prabowo-Sandi. Mesin politik PKS, kata dia, bisa tidak berjalan maksimal lantaran energinya habis untuk mengurusi persoalan kursi wagub DKI.

Meski secara lisan Gerindra telah menyerahkan kursi wagub DKI ke PKS, dan PKS konon telah menetapkan dua calon yang akan diajukan yakni Sekretaris Umum DPW PKS DKI Jakarta Agung Yulianto dan mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu, perundingan tetap tanpa hasil.

Karena itulah, Adi menilai, salah satu win win solusinya yaitu sepakat pada wacana calon dari luar PKS dan Gerindra bisa yang memberi harapan baru, kendati secara politik kursi wagub DKI adalah jatah PKS.

“Ini bisa menjadi titik temu, tapi bisa juga tidak,” ujarnya.

Lebih lanjut, Adi mengomentari kemunculan nama Erwin Aksa di tengah-tengah kebuntuan kompromi Gerindra dan PKS. Menjadi titik temu, jika PKS gayung bersambut dan ikut merekomendasikan Erwin Aksa menjadi calon pendamping Anies Baswedan di Balai Kota.

“Ini karena Gerindra terkesan welcome (setuju Erwin jadi cawagub), PKS curiga Gerindra bermain di dua kaki. Ini bukan lagi titik temu,” pungkasnya.

(aim/JPC)