25 radar bogor

Hayono Isman: UMKM, Katalis untuk Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Hayono Isman, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) era Kabinet Pembangunan VI yang saat ini maju sebagai calon Anggota DPR RI melalui partai Nasdem dari dapil Jawa Timur I. (Istimewa)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Calon angggota DPR RI dapil Jawa Timur I dari Partai Nasdem, Hayono Isman menilai kemiskinan di perdesaan dan pengangguran di perkotaan bisa dituntaskan dengan menguatkan peran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Usaha mikro yang digagas masyarakat bisa mendorong perekonomian masyarakat.

“Kita akui, UMKM menjadi katalis bagi kesejahteraan masyarakat. Selain itu juga mempercepat aktivitas ekonomi yang sudah ada. Artinya sangat jelas, akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Hayono dalam keterangannya, Selasa (11/12).

UMKM bisa memberi dampak ekonomi yang nyata untuk masyarakat. UMKM juga bisa menyerap tenaga kerja dan menciptakan ekonomi daerah yang mandiri.

Ini terbukti, berdasarkan Sensus Ekonomi Nasional, sektor UMKM tersebut, mampu menyerap 18,95 juta tenaga kerja. Karena jika dibandingkan dengan angkatan kerja yang ada yaitu sebanyak 20,16 juta, maka lebih dari 90 persen angkatan kerja diserap oleh UMKM.

Berdasarkan data Pemerintah Provinsi Jawa Timur selama satu dasawarsa, pertumbuhan UMKM di Jawa Timur tembus hingga 12 juta usaha. Pada 2006, jumlah UMKM Jawa Timur mencapai 4,2 juta. Pada survei 2012 naik menjadi 6,8 juta dan survei 2016 naik ke angka 12,1 juta UMKM.

Oleh karena itu, pengembangan dan pembinaan terhadap UMKM tersebut menjadi satu di antara fokus Hayono, termasuk di Surabaya dan Sidoarjo. “Kita dorong kemajuan UMKM dengan gerakan yang jelas dan terukur. Termasuk dalam peran UMKM untuk mengentaskan kemiskinan,” pungkasnya.

(srs/JPC)