25 radar bogor

Bersama TNI AU, FPIK IPB Gelar Training Softskill dan Bela Negara

program Training Softskill dan Bela Negara untuk 400-an mahasiswa FPIK IPB Angkatan 54, Minggu (9/12/2018).
Program Training Softskill dan Bela Negara untuk 400-an mahasiswa FPIK IPB Angkatan 54, Minggu (9/12/2018).

BOGOR-RADAR BOGOR, Kehormatan, Disiplin, Tanggung jawab. Demikian slogan sikap patriotis akan ditemukan begitu masuk area Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) 024 Atang Sanjaya, Bogor.

Melihat tantangan zaman, sikap patriotisme TNI akan berdampak positif jika terinternalisasi pada karakter pemuda, khususnya mahasiswa. Itulah yang dilakukan oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor (FPIK IPB) yang menggelar program Training Softskill dan Bela Negara untuk 400-an mahasiswa FPIK IPB Angkatan 54, Minggu (9/12/2018).

Menurut Dr. Ir. Lucky Adrianto, MS, Dekan FPIK training ini sangat penting diberikan kepada mahasiswa. Tidak dapat dipungkiri bahwa TNI memiliki sikap patriotisme meliputi daya juang, sikap korsa, kebersamaan kejujuran, dan struktur komando terbaik di Indonesia.

Oleh karena itu, bagian terpenting dari kegiatan ini adalah silaturahim FPIK IPB selaku wadah pendidikan pemuda Indonesia dengan TNI AU 024, sehingga mahasiswa dapat belajar membina diri dan membentuk karakter tangguh seperti kepatriotan TNI.

“Setelah kegiatan ini harapanya mahasiswa akan lebih tangguh, kompak, memiliki daya juang dan jiwa korsa. Sehingga akan lebih mudah bekerjasama antar mahasiswa maupun kami dosen, untuk FPIK dan Perikanan Kelautan Indonesia yang lebih baik,” ujar Dr.Lucky

Bertempat di Hanggar Skuadron 6 TNI AU 024 Atang Sanjaya, training ini berjalan dengan baik. Diawali dengan upacara pembukaan, acara ini dilanjut dengan outbound dan materi dasar-dasar Bela Negara.

Ada delapan macam outbound yang dilakukan, mulai permainan pipa bocor, pindah karet, trust fall, berjalan di atas bambu, memasukkan pensil, mengisi botol dengan memindahkan baki berisi gelas air di atasnya, tali borgol, dan tongkat estafet. Selanjutnya materi dasar-dasar bela negara meliputi pengetahuan umum tentang TNI AU, khususnya TNI AU 024 Atang Sanjaya.

M Iqbal Mas Putera, Komandan Skatek TNI AU 024 mengapresiasi training softskill dan bela negara yang diselenggarakan oleh FPIK IPB. Kegiatan ini menurutnya merupakan yang pertama kali, IPB sinergi program bela negara bersama TNI AU 024.

Menurutnya pelatihan bela negara dan pembentuk karakter perlu dilakukan untuk bekal generasi muda di masa depan. Harapan ke depan fakultas-fakultas lain di IPB dapat juga bersinergi dengan TNI AU 024 dalam pembekalan bela negara untuk mahasiswa.

“Pelatihan ini mengajarkan mahasiswa agar tidak egois, kompak, jujur, dan semangat juang yang tinggi,” pungkas Komandan Skatek TNI AU 024. (IS/ris)