25 radar bogor

Waspada, Angin Puting Beliung Masih Berpotensi Terjadi di Bogor

Angin topan melanda Kota Bogor, Kamis (6/12/2018).

BOGOR-RADAR BOGOR, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan cuaca buruk berupa hujan lebat disertai angin kencang dan puting beliung masih bakal terjadi hingga Senin (10/12/2018) ini.

Kepala Bagian Humas BMKG, Hary Tirto Djatmiko menuturkan, BMKG sudah mengeluarkan peringatan dini terkait hujan lebat dengan disertai angin kencang.

’’Ada beberapa daerah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat dan disertai angin kencang sesaat,’’ katanya. Selain itu BMKG juga menyampaikan hujan lebat disertai dengan petir.

Hati-hati! Puting Beliung Masih Mengancam Tiga Hari ke Depan, Ini Analisa BMKG

Beberapa daerah di Pulau Jawa, termasuk Bogor berpotensi diguyur hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Hary menjelaskan, cuaca ekstrim kerap terjadi di musim pancaroba. Fenomena putting beliung menjadi fenomena alamiah yang biasa terjadi. Indikasi hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.

Dia menuturkan sifat puting beliung tidak bisa diprediksi secara spesifik, hanya bisa diprediksi 0.5 – 1 jam sebelum kejadian jika melihat atau merasakan tanda–tandanya dengan tingkat keakuratan < 50 persen.

“Hanya berasal dari awan Cumulonimbus, tetapi tidak semua awan Cumulonimbus menimbulkan puting beliung,” paparnya.

Seperti diketahui Kamis (6/12/2018) sore lalu angin puting beliung telah mempora porandakan Kota Bogor.

Ratusan rumah warga di empat kelurahan di Kota Bogor, mengalami kerusakan cukup parah akibat hempasan angin kencang dan puting beliung. Hingga kini, beberapa warga masih mengungsi akibat rumahnya hancur.(pin/wan/nis)