25 radar bogor

Eddy Soeparno Jembatani Budayawan dan Pemerintah untuk Lestarikan Budaya Lokal

BOGOR-RADAR BOGOR,Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, Eddy Soeparno mengupayakan pelestarian budaya lokal dengan menjembatani kepentingan budayawan dan pemerintah daerah maupun pusat. Menurutnya, kelestarian budaya lokal tidak dapat diraih hanya dengan mengandalkan satu pihak saja.

“Budayawan dan pemerintah harus dijembatani agar visi dan misi untuk melestarikan kebudayaan kita dapat berjalan dengan baik,” ungkap Kang Eddy, Minggu (08/12/2018).

Lebih lanjut, Kang Eddy mengatakan kebudayaan lokal seiring berkembangnya zaman terus terasingkan dengan sedikitnya peminat. Ia berpendapat, jika tidak ada langkah nyata dari pemerintah untuk bekerjasama dengan budayawan maka lambat laun akan punah.

“Jika dibiarkan tergerus oleh perkembangan zaman budaya kita akan perlahan hilang maka dari itu pemerintah dan budayawan harus bekerja sama,” tutur Kang Eddy.

Kebudayaan lokal banyak mengandung filosofi dan nilai-nilai luhur yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, jika diajarkan oleh orang tua kepada anaknya akan menjadi pendidikan dan pembentuk karakter bangsa yang sangat bagus.

Tidak hanya melestarikan melalui proses pembelajaran namun juga membentuk generasi bangsa yang sadar akan budaya dan menjunjung nilai nilai luhur yang dimiliki oleh nenek moyang bangsa Indonesia.

“Dengan ini kita juga bisa menurunkan dan mengajarkan nilai nilai luhur nenek moyang kita kepada generasi muda,” pungkasnya. (ric)