25 radar bogor

Angin Puting Beliung Terjang Jaksel, Ini Pernyataan BMKG

Detik-detik sebuah restoran di kawasan Jakarta Selatan saat dihajar puting beliung, Senin (10/12/2018) siang.

JAKARTA-RADAR BOGOR,Beberapa saat yang lalu beredar sebuah video amatir di media sosial Instagram yang menunjukkan fenomena angin kencang di Jakarta pada Senin (10/12/2018) tersebar luas.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @jakarta_terkini tersebut memperlihatkan angin menerbangkan atap bangunan Rasuna Garden Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.

Menurut Kepala Sub Bidang Prediksi Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Agie Wandala Putra, sejak minggu lalu pihak BMKG sudah memperingatkan akan adanya kondisi atmosfer yang tidak stabil, khususnya di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalbar.

Puting Beliung Terjang Jaksel, Atap Restoran Terbang. Lihat Videonya, Ngeri!

Jadi sudah minggu lalu, kita state periode dari minggu kemarin hingga saat ini waspada sama atmosfer cuaca yang tidak stabil karena energi di atmosfer sedang tinggi-tingginya,” ujarnya, Senin (10/12/2018).

“Artinya, energi pembentukan awannya sedang tinggi, jadi awan cumulonimbus (CB) sedang gampang terbentuk saat ini,” ujarnya lagi.

Sampai saat ini, hasil pantauan yang dilakukan oleh BMKG memang menunjukkan adanya intensitas yang tinggi awan CB di wilayah Depok dan Jakarta Selatan.

“Awan CB-nya agak gedhe (besar) juga tuh. Dampaknya ada tiga, bisa hujan es, kemudian puting beliung, dan angin kencang. Lompatan kecepatannya bisa sampai 20 knot, atau 40 sampai 45 kilometer per jam dan bisa di atas itu atau lebih lama karena energinya besar,” jelas Agie.

Tanggapan soal video yang tersebar di media sosial, Agie menduga bahwa angin yang menghempaskan atap bangunan milik Rasuna Garden Epicentrum mungkin telah melewati fase disipasi yang artinya awan CB meluruh bersama hujan dan angin. Hal ini ditandai dengan adanya angin kencang yang disertai hujan.

Tetapi, menurut pengamatan yang terlihat dalam video kemungkinan besar angin tersebut bukanlah puting beliung dan berbeda dengan yang terjadi di Bogor.

“Puting beliung itu syaratnya harus muter, kaya tornado tapi kecil, kaya belalai gajah. Kalau ini kan enggak kelihatan, jadi ini seperti dorongan ke bawah saja. Kemungkinan itu bukan puting beliung, kecuali ada yang melihat dia memutar,” jelasnya.

Tingginya energi awan CB yang menyebabkan angin kencang dan hujan deras seperti yang terjadi di Bogor dan Jakarta Selatan hanya bersifat lokal dan tidak meluas.

Namun, Agie memperingatkan bahwa kondisi ini berpotensi terjadi hingga hari Minggu (16/12/2018). Karena itu, dia menyarankan untuk terus mewaspadai cuaca yang akan terjadi karena energi pembentukan awan CB masih tinggi saat ini.

Fenomena ini pun turut mengundang respons dari warganet yang melihat video ini. Akun @fajarmuhammad02, misalnya, mengatakan, “Berdoa selalu di manapun berada”. Lalu, akun @imamsutoyyo juga mengungkapkan, “Auto Tobat. Ingat kiamat…”.