25 radar bogor

Pembunuhan Berencana dan Langgar HAM, KKB Harus Diberantas

Lokasi pembantaian 31 pekerja di Papua oleh KKB.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Sejumlah pihak sepakat bahwa pembunuhan terhadap puluhan pekerja proyek jembatan di Distrik Yigi, Nduga, Papua, sepekan lalu adalah peristiwa keji. Bahkan, ini dinilai sudah direncanakan.

“Jadi, pembunuhan yabg dilakukan oleh Kelompok Bersenjata OPM adalah pembunuhan berencana,” tegas Anggota Komisi I DPR Mayjen TNI (Purn) Supiadin Aries Saputra, Minggu (9/12/2018).

Lebih lanjut dia mengatakan, peristiwa pembunuhan PT. Istaka Karya di Nduga itu jelas melanggar HAM.

“Mengapa melanggar HAM?
Karena pembunuhan tersebut dilakukan oleh Pemberontak Bersenjata OPM sebagai organisasi combatan yang terorganisir,” ujarnya.

Oleh karenanya, Supiadin menuturkan, pemberantasan aksi pemberontakan bersenjata OPM ini harus secara tegas, terarah dan terukur untuk menghindari pelanggaran HAM lebih lanjut.

“Pelanggaran HAM bisa dicegah dengan melakukan operasi yang tegas, terarah dan terukur,” sebut mantan Panglima Kodam Iskandar Muda itu.

Soal usulan agar para pembunuh yang makukan serangan di Distrik tidak dihukum mati, Supiadin menilai itu menjadi kew.enangan hakim. “Persoalan dihukum mati atau tidak, itu menjadi hak! kewenangan hakim pengadilan dalam proses pengadilan,” pungkasnya. (dna/JPC)