25 radar bogor

Kuota Pas-Pasan, DLH Minta PD Pasar Buat Kontainer Sampah Sendiri

TERBATAS: Minimnya kuota pengadaan di 2019, SLH berharap PD Pasar bisa menyediakan sendiri. Tampak salah satu kontainer yang rusak.

BOGOR–RADAR BOGOR,Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menganjurkan Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ) untuk membuat bak kontainer sendiri. Pasalnya, pada pengadaan di 2019 hanya 11 unit yang akan diadakan.

Itu pun untuk meng­ganti bak kontainer di beberapa titik yang rusak. Hal itu diung­kapkan Kepala Bidang (Kabid) Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor Ade Nugraha.

“Meskipun PD Pasar butuh arm roll kita tidak bisa menye­diakan, kalau mau PD Pasar membuat bak kontainer dan kita mencoba alokasikan kendaraan untuk mengangkut sampah yang sudah ada di dalam bak kontainer,” ujarnya kepada Radar Bogor, Kamis (6/12).

Bak tersebut, lanjut Ade, harus sesuai dengan kendaraan pengangkut. Terutama umuran­nya. Sehingga sampah dapat terangkut. “Jangan sampai kejadian seperti di Devris membuat bak kontainer lalu meminta kita mengangkut, ternyata tidak ada yang cocok dengan kendaraan, akhirnya mubazir membuat itu karena jadi dua kali kerja,” terangnya.

Selain kuota yang pas-pasan, Ade mengungkapkan bahwa jika PDPPJ mengandalkan DLH untuk mengadakan bak kontainer maka akan membu­tuhkan waktu cukup lama. Sebab pada pengadaan 2018 saja, baru bisa digunakan pada Oktober karena melalui proses pengadaan dengan e-catalog.

“Kalau PD Pasar mengandalkan kami untuk mengadakannya, waktunya lama lagi dan sampah akan seperti itu, apalagi saat ini warga sudah mulai banyak yang komplain ke kami,” tuturnya.

Meski mendapatkan penga­daan bak kontainer, DLH tak mendapatkan anggaran untuk pengadaan armada baru. Padahal dari 126 armada, hanya 30 unit yang layak jalan.

“Terakhir pengadaan dua tahun lalu, saat ini bahkan ada dua unit yang masih digunakan sejak 1996, padahal biaya perawatan lebih mahal dan oli mesin bisa dua kali sebulan diganti, blok mesin digantung, bagaimanapun caranya harus digunakan,” pungkasnya.(gal/c)